PMDK-PROGRAM DIPLOMA |
A. PENDAHULUAN |
PMDK-Program Diploma (SMA, SMK, MA dan Ujian Persamaan) diperuntukkan bagi semua lulusan SLTA (SMA/SMU, MA, SMK, SLTA Luar Negeri, Ujian Persamaan) tahun 2009, 2010 dan 2011. |
B. PROGRAM STUDI |
FAKULTAS | PROGRAM STUDI | DAYA TAMPUNG 2011 |
KELOMPOK IPA |
Kedokteran | D3 Analis Medis | |
D3 Pengobat Tradisional | |
D3 Rehabilitas Medik/Fisioterapi | |
D3 Radiologi | |
Kedokteran Gigi | D3 Teknik Kesehatan Gigi | |
Sains dan Teknologi | D3 Sistem Informasi | |
D3 Otomasi Sistem Instrumentasi | |
Kesehatan Masyarakat | D3 Higiene Perusahaan, Kesehatan & Keselamatan Kerja | |
KELOMPOK IPS |
Ekonomi dan Bisnis | D3 Akuntansi | |
D3 Perpajakan | |
D3 Manajemen Pemasaran | |
D3 Manajemen Perhotelan | |
D3 Manajemen Perbankan | |
D3 Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran | |
F I S I P | D3 Pariwisata Perhotelan | |
D3 Perjalanan Wisata | |
D3 Teknisi Perpustakaan | |
Ilmu Budaya | D3 Bahasa Inggris | |
|
C. PERSYARATAN |
PMDK-Program Diploma dapat diikuti oleh lulusan SLTA (SMA/SMU, MA, SMK, SLTA Luar Negeri, Ujian Persamaan) tahun 2009, 2010 dan 2011. Program Studi berikut ini memiliki persyaratan tambahan, yaitu:
- D3 Fisioterapi
Usia maksimal 22 tahun dan tinggi badan minimal bagi Pria 160 cm dan Wanita 155 cm
- D3 Analis Medis
Tidak menyandang ketunaan fisik
- D3 Pariwisata
Usia maksimal 22 tahun dengan tinggi badan minimal bagi Pria 165 cm dan Wanita 155 cm
- D3 Radiologi
Usia maksimal 22 tahun dan tinggi badan minimal bagi Pria 160 cm dan Wanita 155 cm
- D3 Bahasa Inggris
Tidak memiliki kelainan artikulator (alat ucap)
- D3 Manajemen Perhotelan
Tidak menyandang segala macam ketunaan fisik.
|
D. PROSEDUR PENDAFTARAN |
TATA CARA PENDAFTARAN ONLINE
- Calon peserta mengambil nomor voucher melalui halaman web pmdk unair di http://pendaftaran.unair.ac.id/
- Lakukan transaksi pembayaran seleksi PMDK-Unair melalui bank Mandiri (ATM, teller, e-banking) sesuai jadwal dengan membawa nomor voucher.
- Biaya pendaftaran sebesar Rp250.000,- untuk satu Kelompok Ujian IPA atau IPS dan Rp450.000,- untuk Kelompok Ujian IPC. Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali.
- Setelah berhasil melakukan transaksi pembayaran, Calon peserta akan memperoleh resi pembayaran. Resi pembayaran seleksi tersebut berisi:
- Nomor voucher.
- PIN PMDK.
- Kelompok pilihan (IPA, IPS, dan IPC).
- Waktu transaksi.
- Buka pendaftaran online PMDK Unair di alamat http://pendaftaran.unair.ac.id, akan terlihat halaman login.
- Masukkan Nomor Voucher dan PIN PMDK pada kotak yang tersedia, isikan huruf-huruf pada kotak yang tersedia dengan menggunakan HURUF KECIL, kemudian tekan tombol login. Setelah berhasil, maka akan tampak formulir pendaftaran elektronik.
- Calon peserta diminta mengisi formulir pendaftaran elektronik sesuai petunjuk yang tercantum di buku petunjuk pendaftaran.
TATA CARA PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN ELEKTRONIK:
I. DATA DIRI
- Tulis nama Anda pada kolom Nama yang tersedia.
- Pilih provinsi tempat lahir pada menu pilihan yang tersedia.
- Pilih kota tempat lahir pada menu pilihan yang tersedia.
- Isikan tanggal lahir Anda pada menu pilihan Tanggal Lahir yang tersedia.
- Pilih jenis kelamin Anda pada kolom menu pilihan Jenis Kelamin yang tersedia.
- Pilih agama Anda pada kolom menu pilihan Agama yang tersedia.
- Pilih kewarganegaraan Anda yang sesuai pada kolom menu pilihan Kewarganegaraan yang tersedia.
- Tulis nomor telepon seluler Anda pada kolom Kontak Personal yang tersedia (Kolom kontak personal dikosongkan apabila tidak memiliki nomor telepon seluler).
II. DATA PENDIDIKAN
- Pilih provinsi tempat sekolah yang sesuai.
- Pilih kabupaten/kota tempat sekolah yang sesuai.
- Pilih asal sekolah yang sesuai.
- Pilih tahun lulus yang sesuai.
- Pilih status SLTA yang sesuai.
- Pilih jurusan SLTA Anda pada kolom menu pilihan Jurusan SLTA yang tersedia.
- Pilih sumber biaya pendidikan Anda yang sesuai pada kolom menu pilihan Sumber Biaya yang tersedia.
- Tulis alamat Anda pada kolom Alamat yang tersedia.
III. DATA KELUARGA
- Tulis nama orang tua Anda pada kolom Nama Orang Tua yang tersedia.
- Pilih pendidikan Ayah Anda yang sesuai.
- Pilih pendidikan Ibu Anda yang sesuai.
- Pilih pekerjaan Ayah Anda yang sesuai.
- Pilih pekerjaan Ibu Anda yang sesuai.
- Pilih jumlah penghasilan Ayah/Ibu Anda yang sesuai.
- Tulis alamat orang tua Anda pada kolom Alamat Orang Tua yang tersedia.
- Tulis jumlah saudara Anda pada kolom Jumlah Saudara yang tersedia.
IV. PROGRAM STUDI PILIHAN
- Pilih program studi pilihan Anda.
Contoh tampilan formulir pendaftaran elektronik
KONFIRMASI ULANG ISIAN FORMULIR PENDAFTARAN ELEKTRONIK :
- Setelah pengisian formulir pendaftaran elektronik selesai, peserta diminta meneliti kembali isian tersebut pada halaman konfirmasi ulang.
- Peserta harus mencetak halaman konfirmasi ulang tersebut dengan menekan tombol cetak.
- Jika isian sudah benar semua, tekan tombol selesai.
- Pendaftaran online sudah selesai dan berhasil.
Contoh tampilan halaman konfirmasi ulang
VERIFIKASI DOKUMEN PENDAFTARAN
Calon peserta diminta hadir di Gedung Serba Guna Universitas Airlangga (GSG Unair) antara tanggal 2 sampai 7 Agustus 2010 untuk melakukan verifikasi dokumen, antara lain membawa:
- Satu lembar fotokopi Ijasah/STTB/STK yang sudah dilegalisasi (dengan menunjukkan dokumen asli).
- Satu lembar fotokopi SKHUN yang sudah dilegalisasi (dengan menunjukkan dokumen asli).
- Kartu peserta Ujian Nasional tahun 2010 asli dan fotokopi.
- Resi pembayaran dari Bank Mandiri.
- Fotokopi cetakan/printout halaman konfirmasi ulang.
Kemudian calon peserta akan memperoleh nomor peserta ujian.
FOTO
Setelah verifikasi dokumen dilaksanakan dan dinyatakan sesuai, dilanjutkan dengan foto.
SIDIK JARI
Setelah pengambilan foto peserta, dilanjutkan dengan proses pengambilan sidik jari.
CETAK KARTU PESERTA
- Peserta membubuhkan tanda tangan pada kartu tanda peserta ujian di hadapan panitia.
- Panitia membubuhkan stempel pada kartu tanda peserta, sebelum menyerahkan kartu tersebut pada peserta.
Alur Pembayaran dan Pendaftaran PMDK (Online)
|
E. BIAYA PENDIDIKAN |
PROGRAM STUDI | JENJANG | SOP | SP3 |
KELOMPOK IPA |
Analis Medis | D3 | 2.400.000 | 3.000.000 |
Radiologi | D3 | 4.000.000 | 4.500.000 |
Rehabilitasi Medik/Fisioterapi | D3 | 2.400.000 | 3.000.000 |
Pengobatan Tradisional | D3 | 2.450.000 | 3.000.000 |
Teknik Kesehatan Gigi | D3 | 1.500.000 | 4.000.000 |
Sistem Informasi | D3 | 3.000.000 | 7.500.000 |
Otomasi Sistem Instrumentasi | D3 | 2.000.000 | 3.000.000 |
Higiene Perusahaan, Kesehatan & Keselamatan Kerja | D3 | 2.000.000 | 3.000.000 |
KELOMPOK IPS |
Akuntansi | D3 | 2.000.000 | 5.000.000 |
Perpajakan | D3 | 2.000.000 | 5.000.000 |
Manajemen Pemasaran | D3 | 2.000.000 | 5.000.000 |
Manajemen Perhotelan | D3 | 2.500.000 | 6.000.000 |
Manajemen Perbankan | D3 | 2.000.000 | 5.000.000 |
Manajemen Kesekretariatan & Perkantoran | D3 | 2.500.000 | 6.000.000 |
Teknisi Perpustakaan | D3 | 1.000.000 | 3.000.000 |
Pariwisata Perhotelan | D3 | 2.000.000 | 5.000.000 |
Perjalanan Wisata | D3 | 2.000.000 | 5.000.000 |
Bahasa Inggris | D3 | 1.500.000 | 5.000.000 |
Keterangan: |
SOP= | Sumbangan Operasional Pendidikan
(dibayar setiap semester) |
SP3= | Sumbangan Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan
(dibayar lunas pada saat daftar ulang/registrasi mahasiswa baru) |
|
F. JADWAL KEGIATAN |
PMDK-DIPLOMA |
KEGIATAN | WAKTU |
Pembayaran Biaya Ujian | 28 Juli - 5 Agustus 2011 |
Verifikasi Dokumen Pendaftaran | 1 - 6 Agustus 2011 |
Pelaksanaan Ujian Tulis | 7 Agustus 2011 |
Pengumuman Hasil Ujian Tulis | 10 Agustus 2011 |
Registrasi Mahasiswa Baru | 11 - 13 Agustus 2011 |
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar