A. PENDAHULUAN |
PMDK-Umum diperuntukkan bagi lulusan SLTA (SMA, SMK, MA dan Ujian Persamaan) tahun 2009, 2010, dan 2011 baik dari dalam maupun luar negeri, yang memiliki kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan tinggi dengan baik. |
B. PROGRAM STUDI |
|
C. PERSYARATAN |
PMDK-Umum dapat diikuti oleh
- Warga Negara Indonesia, atau Warga Negara Asing yang mendapat izin belajar dari Kementerian Pendidikan Nasional.
- Lulusan SLTA (SMA/SMU, MA, SMK, SLTA Luar Negeri, Ujian Persamaan) tahun 2009, 2010 dan 2011.
- Tidak mempunyai cacat tubuh atau ketunaan yang dapat mengganggu kelancaran belajar di program studi yang dipilih.
Program Studi berikut ini memiliki persyaratan tambahan, yaitu:
- Ilmu Keperawatan:
Tinggi badan minimal 160 cm bagi pria dan 155 cm bagi wanita.
- Sastra Inggris:
Tidak memiliki kelainan artikulator (alat ucap).
- Pendidikan Bidan:
Tinggi badan minimal 155 cm.
|
D. PROSEDUR PENDAFTARAN |
TATA CARA PENDAFTARAN ONLINE
- Calon peserta mengambil nomor voucher melalui halaman web pmdk unair di http://pendaftaran.unair.ac.id/
- Lakukan transaksi pembayaran seleksi PMDK-Unair melalui bank Mandiri (ATM, teller, e-banking) sesuai jadwal yang telah ditentukan, dengan membawa nomor voucher.
- Biaya pendaftaran sebesar Rp300.000,- untuk satu Kelompok Ujian IPA atau IPS, dan Rp500.000,- untuk Kelompok Ujian IPC. Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali.
- Setelah berhasil melakukan transaksi pembayaran, Calon peserta akan memperoleh resi pembayaran. Resi pembayaran seleksi tersebut berisi:
- Nomor voucher.
- PIN PMDK.
- Kelompok pilihan (IPA, IPS, dan IPC).
- Waktu transaksi.
- Buka pendaftaran online PMDK Unair di alamat http://pendaftaran.unair.ac.id, akan terlihat halaman login.
- Masukkan Nomor Voucher dan PIN PMDK pada kotak yang tersedia, isikan huruf-huruf pada kotak yang tersedia dengan menggunakan HURUF KECIL, kemudian tekan tombol login. Setelah berhasil, maka akan tampak formulir pendaftaran elektronik.
- Calon peserta diminta mengisi formulir pendaftaran elektronik sesuai petunjuk yang tercantum di buku petunjuk pendaftaran.
TATA CARA PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN ELEKTRONIK: I. DATA DIRI
- Tulis nama Anda pada kolom Nama yang tersedia.
- Pilih provinsi tempat lahir pada menu pilihan yang tersedia.
- Pilih kota tempat lahir pada menu pilihan yang tersedia.
- Isikan tanggal lahir Anda pada menu pilihan Tanggal Lahir yang tersedia.
- Pilih jenis kelamin Anda pada kolom menu pilihan Jenis Kelamin yang tersedia.
- Pilih agama Anda pada kolom menu pilihan Agama yang tersedia.
- Pilih kewarganegaraan Anda yang sesuai pada kolom menu pilihan Kewarganegaraan yang tersedia.
- Tulis nomor telepon seluler Anda pada kolom Kontak Personal yang tersedia (Kolom kontak personal dikosongkan apabila tidak memiliki nomor telepon seluler).
II. DATA PENDIDIKAN
- Pilih provinsi tempat sekolah yang sesuai.
- Pilih kabupaten/kota tempat sekolah yang sesuai.
- Pilih asal sekolah yang sesuai.
- Pilih tahun lulus yang sesuai.
- Pilih status SLTA yang sesuai.
- Pilih jurusan SLTA Anda pada kolom menu pilihan Jurusan SLTA yang tersedia.
- Pilih sumber biaya pendidikan Anda yang sesuai pada kolom menu pilihan Sumber Biaya yang tersedia.
- Tulis alamat Anda pada kolom Alamat yang tersedia.
III. DATA KELUARGA
- Tulis nama orang tua Anda pada kolom Nama Orang Tua yang tersedia.
- Pilih pendidikan Ayah Anda yang sesuai.
- Pilih pendidikan Ibu Anda yang sesuai.
- Pilih pekerjaan Ayah Anda yang sesuai.
- Pilih pekerjaan Ibu Anda yang sesuai.
- Pilih jumlah penghasilan Ayah/Ibu Anda yang sesuai.
- Tulis alamat orang tua Anda pada kolom Alamat Orang Tua yang tersedia.
- Tulis jumlah saudara Anda pada kolom Jumlah Saudara yang tersedia.
IV. PROGRAM STUDI PILIHAN
- Pilih program studi pilihan Anda.
Contoh tampilan formulir pendaftaran elektronik KONFIRMASI ULANG ISIAN FORMULIR PENDAFTARAN ELEKTRONIK :
- Setelah pengisian formulir pendaftaran elektronik selesai, peserta diminta meneliti kembali isian tersebut pada halaman konfirmasi ulang.
- Peserta harus mencetak halaman konfirmasi ulang tersebut dengan menekan tombol cetak.
- Jika isian sudah benar semua, tekan tombol selesai.
- Pendaftaran online sudah selesai dan berhasil.
Contoh tampilan halaman konfirmasi ulang VERIFIKASI DOKUMEN PENDAFTARAN Calon peserta diminta hadir di Gedung Serba Guna Universitas Airlangga (GSG Unair) sesuai jadwal yang telah ditentukan untuk melakukan verifikasi dokumen, antara lain membawa:
- Satu lembar fotokopi Ijasah/STTB/STK yang sudah dilegalisasi (dengan menunjukkan dokumen asli).
- Satu lembar fotokopi SKHUN yang sudah dilegalisasi (dengan menunjukkan dokumen asli).
- Kartu peserta Ujian Nasional tahun 2010 asli dan fotokopi.
- Resi pembayaran dari Bank Mandiri.
- Fotokopi cetakan/printout halaman konfirmasi ulang.
Kemudian calon peserta akan memperoleh nomor peserta ujian. FOTO Setelah verifikasi dokumen dilaksanakan dan dinyatakan sesuai, dilanjutkan dengan foto. SIDIK JARI Setelah pengambilan foto peserta, dilanjutkan dengan proses pengambilan sidik jari. CETAK KARTU PESERTA
- Peserta membubuhkan tanda tangan pada kartu tanda peserta ujian di hadapan panitia.
- Panitia membubuhkan stempel pada kartu tanda peserta, sebelum menyerahkan kartu tersebut pada peserta.
Alur Pembayaran dan Pendaftaran PMDK (Online) |
E. BIAYA PENDIDIKAN |
PROGRAM STUDI | JENJANG | SOP | SP3 |
KELOMPOK IPA |
Pendidikan Dokter | S1 | 6.000.000 | 150.000.000 |
Pendidikan Bidan | S1 | 6.000.000 | 15.000.000 |
Pendidikan Dokter Gigi | S1 | 6.000.000 | 75.000.000 |
Farmasi | S1 | 5.000.000 | 25.000.000 |
Kedokteran Hewan | S1 | 3.500.000 | 15.000.000 |
Matematika | S1 | 3.500.000 | 10.000.000 |
Sistem Informasi | S1 | 3.500.000 | 12.500.000 |
Fisika | S1 | 3.500.000 | 10.000.000 |
Biologi | S1 | 3.500.000 | 10.000.000 |
Teknobiomedik | S1 | 3.500.000 | 12.500.000 |
Ilmu dan Teknologi Lingkungan | S1 | 3.500.000 | 12.500.000 |
Kimia | S1 | 3.500.000 | 10.000.000 |
Kesehatan Masyarakat | S1 | 5.000.000 | 12.500.000 |
Ilmu Keperawatan | S1 | 4.500.000 | 10.000.000 |
Budidaya Perairan | S1 | 2.500.000 | 10.000.000 |
KELOMPOK IPS |
Ilmu Hukum | S1 | 5.000.000 | 17.500.000 |
Manajemen | S1 | 3.500.000 | 17.500.000 |
Akuntansi | S1 | 3.500.000 | 17.500.000 |
Ekonomi Pembangunan | S1 | 3.500.000 | 15.000.000 |
Ekonomi Syariah | S1 | 3.500.000 | 15.000.000 |
Sosiologi | S1 | 3.000.000 | 7.500.000 |
Ilmu Politik | S1 | 3.000.000 | 7.500.000 |
Ilmu Komunikasi | S1 | 3.500.000 | 17.500.000 |
Ilmu Administrasi Negara | S1 | 3.000.000 | 7.500.000 |
Ilmu Hubungan Internasional | S1 | 3.500.000 | 17.500.000 |
Antropologi Sosial | S1 | 3.000.000 | 7.500.000 |
Ilmu Informasi dan Perpustakaan | S1 | 3.000.000 | 7.500.000 |
Psikologi | S1 | 5.000.000 | 17.500.000 |
Sastra Inggris | S1 | 3.000.000 | 11.000.000 |
Sastra Indonesia | S1 | 2.500.000 | 7.500.000 |
Ilmu Sejarah | S1 | 2.500.000 | 7.500.000 |
Sastra Jepang | S1 | 2.500.000 | 10.000.000 |
Keterangan: |
SOP= | Sumbangan Operasional Pendidikan
(dibayar setiap semester) |
SP3= | Sumbangan Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan
(dibayar lunas pada saat daftar ulang/registrasi mahasiswa baru) |
|
F. JADWAL KEGIATAN |
PMDK-UMUM GELOMBANG I |
KEGIATAN | WAKTU |
Pembayaran Biaya Ujian | 13 Juni - 1 Juli 2011 |
Verifikasi Dokumen Pendaftaran | 30 Juni - 2 Juli 2011 |
Pelaksanaan Ujian Tulis | 3 Juli 2011 |
Pengumuman Hasil Ujian Tulis | 6 Juli 2011 |
Registrasi Mahasiswa Baru | 14 - 16 Juli 2011 |
PMDK-UMUM GELOMBANG II |
KEGIATAN | WAKTU |
Pembayaran Biaya Ujian | 11 - 22 Juli 2011 |
Verifikasi Dokumen Pendaftaran | 18 - 23 Juli 2011 |
Pelaksanaan Ujian Tulis | 24 Juli 2011 |
Pengumuman Hasil Ujian Tulis | 27 Juli 2011 |
Registrasi Mahasiswa Baru | 28 - 30 Juli 2011 |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar