statistik

Jumat, 21 Januari 2011

SM tetap ada

Dikutip dari Kedaulatan Rakyat Halaman 17
Jum’at, 21 Januari 2011
Oleh : Ria/Asa

UNY dan UIN Tetap Buka Seleksi Mandiri
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA) Yogyakarta, pada akademik 2011/2012 tetap membuka pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) lewat jalur Seleksi Mandiri (SM).
Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab MA, MPd mengatakan pendaftaran PMB lewat jalur seleksi mandiri dilakukan untuk mengakomodir siswa yang memiliki bakat (potensi) diluar kemampuan akademik. Kuota yang disediakan UNY melalui seleksi jalur mandiri sebesar 40 %.
Menurut Prof.Rochmat, pendaftaran PMB jalur Seleksi Mandiri dilakukan karena selama ini ada kecenderungan pendaftaran PMB lewat SNMPTN melalui jalur tertulis dan Pencarian Bibit Unggul (PBU) terkesan hanya mengakomodir kemampuan akademik semata. “ Tahun ini kami masih tetap membuka penerimaan mahasiswa baru lewat jalur seleksi mandiri. Adapun presentasenya 60 persen seleksi nasional dan 40 persen mandiri. Kami berharap dengan cara ini anak yang memiliki prestasi diluar non akademik masih bisa diakomodir,” ujar Prof. Rochmat.
Prof. Rochmat mengungkapkan, sesuai ketentuan yang ada Seleksi Mandiri di UNY digelar setelah pelaksanaan SNMPTN, dirinya tetap optimis kualitas mahasiswa yang didapat tidak terpaut jauh.Sementara itu ketika dimintai komentar terkait rencana pemerintah yang ingin menghapus jalur Seleksi Mandiri di PTN, secara prinsip dirinya tidak terlalu mempersoalkan.
Direktur Admisi UIN Suka Yogya, Dr Munawar Ahmad mengatakan, UIN Suka tetap membuka pendaftaran PMB jalur khusus mandiri, setelah SNMPTN dan SPMBPTAIN. Kebijakan ini dilakukan karena berdasarkan pengalaman PMB tahun lalu, kuota mahasiswa belum bisa terpenuhi jika hanya mengandalkan SNMPTN. Apalagi kata Munawar, sejumlah fakultas di lingkungan UIN Suka hingga saat ini masih banyak mengandalkan siswa dari pondok pesantren dan Madrasah Aliyah.
Selain itu, minat siswa untuk belajar pada pendidikan berbasiskan agama masih perlu ditigkatkan. “ Kita tetap menggelar Seleksi Mandiri pada pendaftaran PMB tahun akademik 2011/2012 ini sebagai langkah untuk mengakomodir siswa dari pondok pesantren dan Madrasah Aliyah. Seleksi Mandiri ini juga untuk mengakomodir siswa yang memiliki bakat diluar akademik. Kuota yang disediakan 40 persen,” kata Munawar.
Pendaftaran PMB di UIN Suka Melalui Jalur Prestasi (1 Februari sd 21 Maret), Jalur Bidik Misi (mengikti jalur Kemendiknas), Jalur Reguler I (16 Mei sd 28 Juni), Jalur Mandiri (20 Juni sd 27 Juli), Jalur Reguler II (11 Juli sd 27 Juli), SNMPTN (Mei), dan SPMBPTAIN (Juni).    


                                                                                                                                            SEMAR_UNY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFO PMB PTN/PTS/KEDINASAN di INDONESIA

INFO PTB AKADEMI & SEKOLAH TINGGI KEDINASAN

Kumpulan Puisi Cinta

Subscribe in a reader

Berlangganan Artikel atau Informasi gratis Via Email

Animasi Ikan Di Aquarium