statistik

Selasa, 01 Maret 2011

SNMPTN dan SPMB Unsoed Tahun 2011

Sumber : http://spmb.unsoed.ac.id

Universitas Jenderal Soedirman


SNMPTN dan SPMB Unsoed Tahun 2011

JALUR UNDANGAN
Program Studi
Periode Pendaftaran
Proses Seleksi
Pengumuman
Pembayaran
Biaya Pendidikan
Registrasi
SNMPTN 2011
(S1)
1 Pebruari s.d
12 Maret 2011
21 Maret s.d. 14 Mei 2011
18 Mei 2011
Sesuai Pemberitahuan
PTN ybs.
31 Mei s.d. 1 Juni 2011
SPMB 2011
 
 
 
 
 
DIPLOMA (D3)
6 s.d. 20
JUNI 2011
21 JUNI 2011
s.d
3 JULI 2011
4 Juli 2001
14 s.d. 15
JULI 2011
24 JULI 2011
SARJANA (S1)
JALUR UJIAN TERTULIS
Program Studi
Periode Pendaftaran
Ujian Tertulis
Pengumuman
Pembayaran
Biaya Pendidikan
Registrasi
SNMPTN 2011
(S1)
2 Mei s.d. 24 Mei 2011
31 Mei s.d. 1 Juni 2011
30 Juni 2011
Sesuai Pemberitahuan
PTN ybs.
Sesuai pembe-ritahuan PTN ybs.
SPMB 2011
 
 
 
 
 
DIPLOMA (D3)
 
 
1 s.d. 18 JULI 2011
 
 
25 JULI 2011
5 AGUSTUS 2011
10 s.d. 11
AGUSTUS 2011
18 s.d 19
AGUSTUS 2011
SARJANA (S1)
 
 
 
 
1.     REGULER
24 JULI 2011
5 AGUSTUS 2011
10 s.d. 11
AGUSTUS 2011
18 s.d 19
AGUSTUS 2011
2.     PARALEL
26 JULI 2011
5 AGUSTUS 2011
10 s.d. 11
AGUSTUS 2011
18 s.d 19
AGUSTUS 2011
 
PANITIA SNMPTN/SPMB LOKAL UNSOED TAHUN 2011

PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJ JAKARTA 2011/2012

Sumber : http://www.unj.ac.id/web.php?module=detailberita&id=139

PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJ  2011/2012


JALUR MASUK UNJ

REGULER

SNMPTN : Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri

1. Jalur Undangan : Jalur prestasi akademik TANPA Ujian tertulis
    Pendaftaran : 1 Februari – 12 Maret 2011 (Secara ONLINE) Website http://undangan.snmptn.ac.id
    Pengumuman : 18 Mei 2011
Alur : Kepala Sekolah mendaftar ke web SNMPTN (mengisi formulir, memasukan nama siswa yang direkomendasikan, menscan status akreditasi) >> Siswa pilihan membayar Rp 175.000 di Bank Mandiri (kecuali siswa penerima bidik misi) untuk memilih 2 PTN dengan masing-masing 3 Prodi (kecuali Olahraga dan Seni) >> Pengumuman kelulusan akan diposting ke web SNMPTN dan melakukan daftar ulang 31 Mei 2011
# siswa yang dapat ikut jalur ini merupakan siswa berprestasi secara konsisten 5 semester dan merupakan hak penuh Kepala Sekolah. Peserta Jalur Undangan adalah sekolah yang telah terdaftar pada sistem database SNMPTN Tahun 2010

2. SNMPTN Tertulis
    Pendaftaran : 2 Mei – 24 Mei 2011 (Secara ONLINE)
    Website http://snmptn.ac.id
    Tes Tertulis : 31 Mei (Tes TPA) – 1 Juni 2011(Tes IPA/IPS)
    Tes Keterampilan : 3 Juni – 4 Juni 2011 (khusus untuk Olahraga dan Seni)
    Pengumuman : 30 Juni 2011
    Biaya pendaftaran : Rp 150.000 (IPA/IPS), Rp 175.000 (IPC) di Bank Mandiri
Alur : Calon pendaftar membayar biaya pendaftaran di Bank Mandiri (teller, atm, atau internet banking) >> mendapatkan PIN untuk mendaftar di web SNMPTN (mengisi formulir, dan unggah foto) >> Kartu peserta di print/cetak


  • NON REGULER : PENMABA (Ujian Mandiri UNJ)



  •     Juli 2011 : Penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri

    PMB ITB BANDUNG 2011/2012

    Sumber : http://www.itb.ac.id/usm-itb/

    Institut Teknologi Bandung


    Sesuai dengan keputusan Pimpinan ITB, ITB melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana secara nasional bersama dengan seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia, melalui sistem Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Informasi mengenai pelaksanaan SNMPTN 2011 dapat diperoleh di situs http://www.snmptn.ac.id/.
    Bagi peminat program Beasiswa (Beasiswa OSN, BIUS, BIDIK MISI, Beasiswa Biaya Pendidikan, Beasiswa Ekonomi Lemah, dll.), dipersilakan untuk mengikuti SNMPTN 2011 - Jalur Undangan, dan melakukan pendaftaran ke Panitia Pusat SNMTPN 2011 melalui masing-masing SLTA asal calon mahasiswa. Calon mahasiswa tidak diperkenankan mendaftarkan diri secara langsung ke Perguruan Tinggi tujuan.
    Mulai tahun 2011, program Kemitraan Nusantara ITB (KN-ITB) diintegrasikan ke dalam program SNMPTN 2011. Lembaga-lembaga Mitra ITB yang telah mengirimkan Letter of Intent program KN-ITB 2011, dapat mengikuti program SNMPTN 2011 - Jalur Undangan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada pelaksanaan SNMPTN 2011 - Jalur Undangan.
    Berkenaan dengan hal tersebut, seluruh informasi mengenai sistem Penerimaan Mahasiswa Baru ITB tahun 2011 yang pernah terbit sebelum hari Senin, tanggal 10 Januari 2011, termasuk informasi tentang pelaksanaan PMBP-ITB 2011, KN-ITB 2011, dan program Beasiswa (Beasiswa OSN, BIUS, BIDIK MISI, Beasiswa Biaya Pendidikan, Beasiswa Ekonomi Lemah, dll.), dinyatakan tidak berlaku dan dapat diabaikan.

    PILIHAN PROGRAM STUDI DI ITB
    Sehubungan dengan telah terbitnya SK Rektor ITB no. 071/SK/K01/PP/2006, tertanggal 17 Maret 2006, tentang Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru ITB, maka secara resmi, setiap mahasiswa baru diterima menjadi mahasiswa fakultas/sekolah terlebih dahulu, sebelum akhirnya memilih salah satu program studi serumpun dalam fakultas/sekolah yang sama, pada awal tahun kedua.
    Penempatan mahasiswa di salah satu program studi serumpun di fakultas/sekolah di ITB, dilakukan oleh ITB sebelum masa perkuliahan tahun kedua dilaksanakan, berdasarkan minat mahasiswa, kapasitas program studi yang bersangkutan, serta tergantung pada prestasi mahasiswa di tahun pertama perkuliahan, bila kapasitas program studi yang bersangkutan lebih kecil daripada jumlah mahasiswa yang memilih program studi tersebut. Kemungkinan bahwa seorang mahasiswa akhirnya dijuruskan pada program studi bukan pilihan utamanya dapat saja terjadi. Namun demikian karena pengelompokan program studi dalam suatu fakultas/sekolah didasarkan atas ekserumpunan dan kontekstualitas keilmuannya yang sama, maka perbedaan antara program studi yang satu dengan program studi yang lain dalam fakultas yang sama, tidak signifikan. ITB menyarankan agar calon mahasiswa mempelajari sistem penerimaan mahasiswa baru ini terlebih dahulu dan dapat membandingkannya dengan sistem yang diberlakukan di perguruan tinggi lainnya.
    Mulai tahun 2011, ITB menawarkan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) serta Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) melalui program Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) dapat dipilih melalui jalur ujian IPS, sedangkan fakultas/sekolah lainnya dapat dipilih melalui jalur ujian IPA. Khusus bagi para peserta SNMPTN yang memilih FSRD, diharuskan untuk mengikuti ujian keterampilan.
    Sebagai informasi tambahan, pada kurikulum 2008, ITB mulai memperkenalkan mata kuliah Mayor dan mata kuliah Minor. Dengan demikian, mahasiswa dari suatu program studi dapat mengambil mata kuliah di program studi lainnya, dalam jumlah terbatas. Pendidikan di ITB lebih diarahkan pada pendidikan kesarjanaan yang memberikan penguasaan ilmu yang komprehensif disertai wawasan yang luas dibandingkan ke arah vokasional yang terfokus pada aplikasi suatu bidang keahlian saja.
    Berikut ini adalah tabel pilihan program studi, fakultas, dan sekolah yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa ITB.
    KODE PILIHAN
    FAKULTAS DAN PROGRAM STUDI
    160
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), untuk peminat program studi :
    161
    Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), untuk peminat program studi :
    162
    Sekolah Farmasi (SF), untuk peminat program studi :
    163
    Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), untuk peminat program studi :
    164 Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), untuk peminat program studi :
    167
    Fakultas Teknologi Industri (FTI), untuk peminat program studi :
    169
    Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), untuk peminat program studi :
    165
    Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), untuk peminat program studi :
    166
    Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), untuk peminat program studi :
    199
    Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), untuk peminat program studi :
    168
    Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), untuk peminat program studi :
    190
    Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM), untuk peminat program studi :
    Catatan :
    • Pada pelaksanaan SNMPTN, Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)  dapat dipilih melalui kelompok ujian  IPS. Sedangkan fakultas/sekolah lainnya dapat dipilih melalui kelompok ujian IPA.
    • Khusus peminat FSRD ITB di SNMPTN - Jalur Ujian Tulis, peserta SNMPTN yang bersangkutan diharuskan untuk mengikuti ujian keterampilan, selain dari ujian tertulis.

    Penerimaan Mahasiswa Baru ITS 2011/2012

     Sumber : http://www.geomatika.its.ac.id/lang/id/akademik/penerimaan-mahasiswa

    Penerimaan Mahasiswa Baru ITS 2011/2012 

     

    Tahun 2011 ini, terkait dengan kebijakan kementrian pendidikan nasional, ITS melakukan beberapa perubahan. Sistem seleksi mahasiswa baru akan terdiri dari dua jalur: SNMPTN dan Seleksi Masuk Institut Teknologi Sepuluh Nopember (SMITS).  Jalur SNMPTN akan terdiri dari dua kategori, yaitu ujian tertulis dan/atau keterampilan. Yang kedua adalah jalur undangan. Ini merupakan pengganti dari program Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) pada tahun-tahun sebelumnya.  Semua jurusan di ITS dapat dimasuki melalui jalur ini. Hanya saja, untuk Desain Produk dan Industri (Despro), yang diterima adalah pendaftar yang berprestasi khusus dalam bidang seni lukis dan/atau seni rupa. SMITS merupakan jalur mandiri baru di ITS. Seleksi ini akan dilaksanakan sesudah SNMPTN. Bedanya, para pendaftar tidak perlu mengikuti ujian ulang. Seleksi akan dilakukan berdasarkan nilai ujian tulis SNMPTN para pendaftar.
    Untuk lebih lengkapnya klik gambar dibawah ini :


    BIDIKMISI UNAIR 2011/2012

    Sumber : http://www.unair.ac.id/event.unair.php?id=1

    Bidik Misi Unair

    Tahun 2011 Universitas Airlangga menerima 500 (lima ratus) mahasiswa baru dengan bantuan biaya pendidikan dari Bidik Misi Kemendiknas (biaya pendidikan sampai lulus dan bantuan biaya hidup selama menempuh studi), serta 400 (empat ratus) mahasiswa baru dengan bantuan biaya pendidikan dari Universitas Airlangga (biaya pendidikan sampai lulus). Informasi lengkap, syarat, dan prosedur silahkan diunduh di http://km.unair.ac.id

    MATERI UJIAN TPPA-UNAIR SURABAYA 2011/2012

    Sumber : http://www.pmdk.unair.ac.id/ds/main_materi-ujian
    MATERI UJIAN TPPA-UNAIR
    A. PMDK-UMUM DAN PMDK-PROGRAM DIPLOMA
    Materi Ujian untuk PMDK-Umum dan PMDK-Diploma terdiri dari:
    • TES POTENSI AKADEMIK :
      • Kemampuan Verbal
      • Kemampuan Numerik
      • Kemampuan Penalaran
    • TES PRESTASI AKADEMIK :
      • KELOMPOK UJIAN IPA
        • Matematika
        • Biologi
        • Fisika
        • Kimia
        • Bahasa Inggris
      • KELOMPOK UJIAN IPS
        • Matematika
        • Sosiologi & Antopologi
        • Tata Negara
        • Ekonomi
        • Geografi
        • Sejarah
        • Bahasa Inggris
      • KELOMPOK UJIAN IPC
        • Materi ujian kelompok IPC adalah gabungan dari materi Kelompok Ujian IPA dan IPS
    B. PMDK-ALIH JENIS
    Materi Ujian untuk PMDK-Alih Jenis terdiri dari:
    • TES POTENSI AKADEMIK :
      • Kemampuan Verbal
      • Kemampuan Numerik
      • Kemampuan Penalaran
    • TES PRESTASI AKADEMIK :
      • Matematika
      • Bahasa Inggris

    PMDK-PROGRAM DIPLOMA UNAIR SURABAYA 2011/2012

    Sumber : http://www.pmdk.unair.ac.id/ds/main_diploma
    PMDK-PROGRAM DIPLOMA
    A. PENDAHULUAN
        PMDK-Program Diploma (SMA, SMK, MA dan Ujian Persamaan) diperuntukkan bagi semua lulusan SLTA (SMA/SMU, MA, SMK, SLTA Luar Negeri, Ujian Persamaan) tahun 2009, 2010 dan 2011.
    B. PROGRAM STUDI

    FAKULTAS PROGRAM STUDI DAYA TAMPUNG 2011
    KELOMPOK IPA
    Kedokteran D3 Analis Medis
    D3 Pengobat Tradisional
    D3 Rehabilitas Medik/Fisioterapi
    D3 Radiologi
    Kedokteran  Gigi D3 Teknik Kesehatan Gigi
    Sains dan Teknologi D3 Sistem Informasi
    D3 Otomasi Sistem Instrumentasi
    Kesehatan Masyarakat D3 Higiene Perusahaan, Kesehatan & Keselamatan Kerja
    KELOMPOK IPS
    Ekonomi dan Bisnis D3 Akuntansi
    D3 Perpajakan
    D3 Manajemen Pemasaran
    D3 Manajemen Perhotelan
    D3 Manajemen Perbankan
    D3 Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran
    F I S I P D3 Pariwisata Perhotelan
    D3 Perjalanan Wisata
    D3 Teknisi Perpustakaan
    Ilmu Budaya D3 Bahasa Inggris

    C. PERSYARATAN
        PMDK-Program Diploma dapat diikuti oleh lulusan SLTA (SMA/SMU, MA, SMK, SLTA Luar Negeri, Ujian Persamaan) tahun 2009, 2010 dan 2011. Program Studi berikut ini memiliki persyaratan tambahan, yaitu:
    • D3 Fisioterapi
      Usia maksimal 22 tahun dan tinggi badan minimal bagi Pria 160 cm dan Wanita 155 cm
    • D3 Analis Medis
      Tidak menyandang ketunaan fisik
    • D3 Pariwisata
      Usia maksimal 22 tahun dengan tinggi badan minimal bagi Pria 165 cm dan Wanita 155 cm
    • D3 Radiologi
      Usia maksimal 22 tahun dan tinggi badan minimal bagi Pria 160 cm dan Wanita 155 cm
    • D3 Bahasa Inggris
      Tidak memiliki kelainan artikulator (alat ucap)
    • D3 Manajemen Perhotelan
      Tidak menyandang segala macam ketunaan fisik.
      D. PROSEDUR PENDAFTARAN
      TATA CARA PENDAFTARAN ONLINE
      1. Calon peserta mengambil nomor voucher melalui halaman web pmdk unair di http://pendaftaran.unair.ac.id/
      2. Lakukan transaksi pembayaran seleksi PMDK-Unair melalui bank Mandiri (ATM, teller, e-banking) sesuai jadwal dengan membawa nomor voucher.
      3. Biaya pendaftaran sebesar Rp250.000,- untuk satu Kelompok Ujian IPA atau IPS dan Rp450.000,- untuk Kelompok Ujian IPC. Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali.
      4. Setelah berhasil melakukan transaksi pembayaran, Calon peserta akan memperoleh resi pembayaran. Resi pembayaran seleksi tersebut berisi:
        1. Nomor voucher.
        2. PIN PMDK.
        3. Kelompok pilihan (IPA, IPS, dan IPC).
        4. Waktu transaksi.
      5. Buka pendaftaran online PMDK Unair di alamat http://pendaftaran.unair.ac.id, akan terlihat halaman login.
      6. Masukkan Nomor Voucher dan PIN PMDK pada kotak yang tersedia, isikan huruf-huruf pada kotak yang tersedia dengan menggunakan HURUF KECIL, kemudian tekan tombol login. Setelah berhasil, maka akan tampak formulir pendaftaran elektronik.
      7. Calon peserta diminta mengisi formulir pendaftaran elektronik sesuai petunjuk yang tercantum di buku petunjuk pendaftaran.

      TATA CARA PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN ELEKTRONIK:
      I. DATA DIRI
      1. Tulis nama Anda pada kolom Nama yang tersedia.
      2. Pilih provinsi tempat lahir pada menu pilihan yang tersedia.
      3. Pilih kota tempat lahir pada menu pilihan yang tersedia.
      4. Isikan tanggal lahir Anda pada menu pilihan Tanggal Lahir yang tersedia.
      5. Pilih jenis kelamin Anda pada kolom menu pilihan Jenis Kelamin yang tersedia.
      6. Pilih agama Anda pada kolom menu pilihan Agama yang tersedia.
      7. Pilih kewarganegaraan Anda yang sesuai pada kolom menu pilihan Kewarganegaraan yang tersedia.
      8. Tulis nomor telepon seluler Anda pada kolom Kontak Personal yang tersedia (Kolom kontak personal dikosongkan apabila tidak memiliki nomor telepon seluler).
      II. DATA PENDIDIKAN
      1. Pilih provinsi tempat sekolah yang sesuai.
      2. Pilih kabupaten/kota tempat sekolah yang sesuai.
      3. Pilih asal sekolah yang sesuai.
      4. Pilih tahun lulus yang sesuai.
      5. Pilih status SLTA yang sesuai.
      6. Pilih jurusan SLTA Anda pada kolom menu pilihan Jurusan SLTA yang tersedia.
      7. Pilih sumber biaya pendidikan Anda yang sesuai pada kolom menu pilihan Sumber Biaya yang tersedia.
      8. Tulis alamat Anda pada kolom Alamat yang tersedia.
      III. DATA KELUARGA
      1. Tulis nama orang tua Anda pada kolom Nama Orang Tua yang tersedia.
      2. Pilih pendidikan Ayah Anda yang sesuai.
      3. Pilih pendidikan Ibu Anda yang sesuai.
      4. Pilih pekerjaan Ayah Anda yang sesuai.
      5. Pilih pekerjaan Ibu Anda yang sesuai.
      6. Pilih jumlah penghasilan Ayah/Ibu Anda yang sesuai.
      7. Tulis alamat orang tua Anda pada kolom Alamat Orang Tua yang tersedia.
      8. Tulis jumlah saudara Anda pada kolom Jumlah Saudara yang tersedia.
      IV. PROGRAM STUDI PILIHAN
      • Pilih program studi pilihan Anda.
      Contoh tampilan formulir pendaftaran elektronik



      KONFIRMASI ULANG ISIAN FORMULIR PENDAFTARAN ELEKTRONIK :
      1. Setelah pengisian formulir pendaftaran elektronik selesai, peserta diminta meneliti kembali isian tersebut pada halaman konfirmasi ulang.
      2. Peserta harus mencetak halaman konfirmasi ulang tersebut dengan menekan tombol cetak.
      3. Jika isian sudah benar semua, tekan tombol selesai.
      4. Pendaftaran online sudah selesai dan berhasil.
      Contoh tampilan halaman konfirmasi ulang



      VERIFIKASI DOKUMEN PENDAFTARAN
      Calon peserta diminta hadir di Gedung Serba Guna Universitas Airlangga (GSG Unair) antara tanggal 2 sampai 7 Agustus 2010 untuk melakukan verifikasi dokumen, antara lain membawa:
      1. Satu lembar fotokopi Ijasah/STTB/STK yang sudah dilegalisasi (dengan menunjukkan dokumen asli).
      2. Satu lembar fotokopi SKHUN yang sudah dilegalisasi (dengan menunjukkan dokumen asli).
      3. Kartu peserta Ujian Nasional tahun 2010 asli dan fotokopi.
      4. Resi pembayaran dari Bank Mandiri.
      5. Fotokopi cetakan/printout halaman konfirmasi ulang.
      Kemudian calon peserta akan memperoleh nomor peserta ujian.
      FOTO
      Setelah verifikasi dokumen dilaksanakan dan dinyatakan sesuai, dilanjutkan dengan foto.
      SIDIK JARI
      Setelah pengambilan foto peserta, dilanjutkan dengan proses pengambilan sidik jari.
      CETAK KARTU PESERTA
      1. Peserta membubuhkan tanda tangan pada kartu tanda peserta ujian di hadapan panitia.
      2. Panitia membubuhkan stempel pada kartu tanda peserta, sebelum menyerahkan kartu tersebut pada peserta.
      Alur Pembayaran dan Pendaftaran PMDK (Online)
       
       
      E. BIAYA PENDIDIKAN

      PROGRAM STUDI JENJANG SOP SP3
      KELOMPOK IPA
      Analis Medis D3 2.400.000 3.000.000
      Radiologi D3 4.000.000 4.500.000
      Rehabilitasi Medik/Fisioterapi D3 2.400.000 3.000.000
      Pengobatan Tradisional D3 2.450.000 3.000.000
      Teknik Kesehatan Gigi D3 1.500.000 4.000.000
      Sistem Informasi D3 3.000.000 7.500.000
      Otomasi Sistem Instrumentasi D3 2.000.000 3.000.000
      Higiene Perusahaan, Kesehatan & Keselamatan Kerja D3 2.000.000 3.000.000
      KELOMPOK IPS
      Akuntansi D3 2.000.000 5.000.000
      Perpajakan D3 2.000.000 5.000.000
      Manajemen Pemasaran D3 2.000.000 5.000.000
      Manajemen Perhotelan D3 2.500.000 6.000.000
      Manajemen Perbankan D3 2.000.000 5.000.000
      Manajemen Kesekretariatan & Perkantoran D3 2.500.000 6.000.000
      Teknisi Perpustakaan D3 1.000.000 3.000.000
      Pariwisata Perhotelan D3 2.000.000 5.000.000
      Perjalanan Wisata D3 2.000.000 5.000.000
      Bahasa Inggris D3 1.500.000 5.000.000

      Keterangan:
      SOP= Sumbangan Operasional Pendidikan
      (dibayar setiap semester)
      SP3= Sumbangan Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan
      (dibayar lunas pada saat daftar ulang/registrasi mahasiswa baru)
      F. JADWAL KEGIATAN
      PMDK-DIPLOMA
      KEGIATAN WAKTU
      Pembayaran Biaya Ujian 28 Juli - 5 Agustus 2011
      Verifikasi Dokumen Pendaftaran 1 - 6 Agustus 2011
      Pelaksanaan Ujian Tulis 7 Agustus 2011
      Pengumuman Hasil Ujian Tulis 10 Agustus 2011
      Registrasi Mahasiswa Baru 11 - 13 Agustus 2011

      PMDK-ALIH JENIS UNAIR SURABAYA 2011/2012

      Sumber : http://www.pmdk.unair.ac.id/ds/main_alih-jenis
      PMDK-ALIH JENIS
      A. PENDAHULUAN
          PMDK-Alih Jenis diperuntukkan bagi lulusan Program Diploma 3 (D3) ataupun Sarjana (S1) tertentu sesuai program studi yang ditawarkan.
      B. PROGRAM STUDI, DAYA TAMPUNG

      FAKULTAS PROGRAM STUDI DAYA TAMPUNG 2011
      KELOMPOK IPA
      Kedokteran Pendidikan Bidan
      Kesehatan Masyarakat -Kesehatan Masyarakat
      -Kesehatan Lingkungan
      -Epidemiologi Lapangan
      -Gizi Kesehatan Masyarakat
      -Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
      -Keselamatan dan Kesehatan Kerja
      -Promosi Kesehatan
      -Sistem Informasi & Statistika Kesehatan
      Keperawatan Ilmu Keperawatan
      Perikanan dan Kelautan Budidaya Perairan
      KELOMPOK IPS
      Ekonomi dan Bisnis Manajemen
      Ekonomi dan Bisnis Akuntansi
      Ilmu Sosial & Ilmu Politik Ilmu Informasi dan Perpustakaan
      Ilmu Budaya Sastra Inggris

      C. PERSYARATAN
           PMDK-Alih Jenis hanya dapat diikuti oleh lulusan Program Diploma ataupun Sarjana (S1). Namun sebagian besar Program Studi yang ditawarkan jalur ini memiliki beberapa syarat khusus, yaitu:
      • S1 Ilmu Keperawatan
        Hanya menerima lulusan D3 Keperawatan dan D4 Perawat Pendidik.
      • S1 Pendidikan Bidan
        • Memiliki ijazah D3 Kebidanan yang terakreditasi
        • Berbadan sehat dengan Surat Keterangan Dokter pemerintah
        • Melampirkan Surat Ijin Bidan (SIB)
        • Surat ijin belajar dari atasan (bagi yang masih aktif bekerja)
        • Usia maksimal 40 tahun.
      • S1 Akuntansi:
        Hanya menerima lulusan D3 Akuntansi dan D3 Perpajakan, atau S1 bidang ekonomi.
      • S1 Kesehatan Masyarakat:
        Lulusan D3 Akademi Bidang Kesehatan (Akademi Kesehatan Lingkungan, Akademi Gizi, Hiperkes, Penilik Kesehatan, Akademi Perawat dan Kebidanan, Akademi: Refraksionis/Optisian, Radiologi, Teknik Kesehatan Gigi, Fisioterapi dan Analis Medis).
      • S1 Sastra Inggris:
        • Tidak memiliki kelainan artikulator (alat ucap).
        • Lulusan D3 Bahasa Inggris
      D. PROSEDUR PENDAFTARAN
      TATA CARA PENDAFTARAN ONLINE
      1. Calon peserta mengambil nomor voucher melalui halaman web pmdk unair di http://pendaftaran.unair.ac.id/
      2. Lakukan transaksi pembayaran seleksi PMDK-Unair melalui bank Mandiri (ATM, teller, e-banking) sesuai jadwal dengan membawa nomor voucher.
      3. Biaya pendaftaran sebesar Rp300.000,- untuk Kelompok Ujian IPA atau IPS. Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali.
      4. Setelah berhasil melakukan transaksi pembayaran, Calon peserta akan memperoleh resi pembayaran. Resi pembayaran seleksi tersebut berisi:
        1. Nomor voucher.
        2. PIN PMDK.
        3. Kelompok pilihan (IPA dan IPS).
        4. Waktu transaksi.
      5. Buka pendaftaran online PMDK Unair di alamat http://pendaftaran.unair.ac.id, akan terlihat halaman login.
      6. Masukkan Nomor Voucher dan PIN PMDK pada kotak yang tersedia, isikan huruf-huruf pada kotak yang tersedia dengan menggunakan HURUF KECIL, kemudian tekan tombol login. Setelah berhasil, maka akan tampak formulir pendaftaran elektronik.
      7. Calon peserta diminta mengisi formulir pendaftaran elektronik sesuai petunjuk yang tercantum di buku petunjuk pendaftaran.

      TATA CARA PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN ELEKTRONIK:
      I. DATA DIRI
      1. Tulis nama Anda pada kolom Nama yang tersedia.
      2. Pilih provinsi tempat lahir pada menu pilihan yang tersedia.
      3. Pilih kota tempat lahir pada menu pilihan yang tersedia.
      4. Isikan tanggal lahir Anda pada menu pilihan Tanggal Lahir yang tersedia.
      5. Pilih jenis kelamin Anda pada kolom menu pilihan Jenis Kelamin yang tersedia.
      6. Pilih agama Anda pada kolom menu pilihan Agama yang tersedia.
      7. Pilih kewarganegaraan Anda yang sesuai pada kolom menu pilihan Kewarganegaraan yang tersedia.
      8. Tulis nomor telepon seluler Anda pada kolom Kontak Personal yang tersedia (Kolom kontak personal dikosongkan apabila tidak memiliki nomor telepon seluler).
      II. DATA PENDIDIKAN
      1. Pilih provinsi tempat sekolah/perguruan tinggi yang sesuai.
      2. Pilih kabupaten/kota tempat sekolah/perguruan tinggiyang sesuai.
      3. Pilih asal sekolah/perguruan tinggi yang sesuai.
      4. Pilih tahun lulus yang sesuai.
      5. Pilih status perguruan tinggi yang sesuai.
      6. Pilih jurusan pada perguruan tinggi Anda pada kolom menu pilihan Jurusan SLTA/perguruan tinggi yang tersedia.
      7. Pilih sumber biaya pendidikan Anda yang sesuai pada kolom menu pilihan Sumber Biaya yang tersedia.
      8. Tulis alamat Anda pada kolom Alamat yang tersedia.
      III. DATA KELUARGA
      1. Tulis nama orang tua Anda pada kolom Nama Orang Tua yang tersedia.
      2. Pilih pendidikan Ayah Anda yang sesuai.
      3. Pilih pendidikan Ibu Anda yang sesuai.
      4. Pilih pekerjaan Ayah Anda yang sesuai.
      5. Pilih pekerjaan Ibu Anda yang sesuai.
      6. Pilih jumlah penghasilan Ayah/Ibu Anda yang sesuai.
      7. Tulis alamat orang tua Anda pada kolom Alamat Orang Tua yang tersedia.
      8. Tulis jumlah saudara Anda pada kolom Jumlah Saudara yang tersedia.
      IV. PROGRAM STUDI PILIHAN
      • Pilih program studi pilihan Anda.
      Contoh tampilan formulir pendaftaran elektronik


      KONFIRMASI ULANG ISIAN FORMULIR PENDAFTARAN ELEKTRONIK :
      1. Setelah pengisian formulir pendaftaran elektronik selesai, peserta diminta meneliti kembali isian tersebut pada halaman konfirmasi ulang.
      2. Peserta harus mencetak halaman konfirmasi ulang tersebut dengan menekan tombol cetak.
      3. Jika isian sudah benar semua, tekan tombol selesai.
      4. Pendaftaran online sudah selesai dan berhasil.
      Contoh tampilan halaman konfirmasi ulang



      VERIFIKASI DOKUMEN PENDAFTARAN
      Calon peserta diminta hadir di Gedung Serba Guna Universitas Airlangga (GSG Unair) antara tanggal 2 sampai 7 Agustus 2010 untuk melakukan verifikasi dokumen, antara lain membawa:
      1. Satu lembar fotokopi Ijasah dan Transkrip D3 atau S1 yang sudah dilegalisasi (dengan menunjukkan dokumen asli).
      2. Dua lembar pasfoto berwarna terbaru ukuran 4 x 6 cm (wajah harus kelihatan).
      3. Resi pembayaran dari Bank Mandiri.
      4. Fotokopi cetakan/printout halaman konfirmasi ulang.
      Kemudian calon peserta akan memperoleh nomor peserta ujian.
      FOTO
      Setelah verifikasi dokumen dilaksanakan dan dinyatakan sesuai, dilanjutkan dengan foto.
      SIDIK JARI
      Setelah pengambilan foto peserta, dilanjutkan dengan proses pengambilan sidik jari.
      CETAK KARTU PESERTA
      1. Peserta membubuhkan tanda tangan pada kartu tanda peserta ujian di hadapan panitia.
      2. Panitia membubuhkan stempel pada kartu tanda peserta, sebelum menyerahkan kartu tersebut pada peserta.
      Alur Pembayaran dan Pendaftaran PMDK (Online)


      E. BIAYA PENDIDIKAN

      PROGRAM STUDI SOP SP3
      KELOMPOK IPA
      Pendidikan Bidan 6.000.000 15.000.000
      -Kesehatan Masyarakat
      -Kesehatan Lingkungan
      -Epidemiologi Lapangan
      -Gizi Kesehatan Masyarakat
      -Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
      -Keselamatan dan Kesehatan Kerja
      -Promosi Kesehatan
      -Sistem Informasi & Statistika Kesehatan
      5.000.000 7.500.000
      Ilmu Keperawatan 4.500.000 10.000.000
      Budidaya Perairan 2.500.000 5.000.000
      KELOMPOK IPS
      Manajemen 3.500.000 10.000.000
      Akuntansi 3.500.000 10.000.000
      Ilmu Perpustakaan 3.000.000 4.000.000
      Sastra Inggris 3.000.000 8.000.000

      F. JADWAL KEGIATAN

      PMDK-ALIH JENIS
      KEGIATAN WAKTU
      Pembayaran Biaya Ujian 28 Juli - 5 Agustus 2011
      Verifikasi Dokumen Pendaftaran 1 - 6 Agustus 2011
      Pelaksanaan Ujian Tulis 7 Agustus 2011
      Pengumuman Hasil Ujian Tulis 10 Agustus 2011
      Registrasi Mahasiswa Baru 11 - 13 Agustus 2011

      PMDK UMUM UNAIR 2011/2012

      Sumber : http://www.pmdk.unair.ac.id/ds/main_umum
      PMDK-UMUM
      A. PENDAHULUAN
          PMDK-Umum diperuntukkan bagi lulusan SLTA (SMA, SMK, MA dan Ujian Persamaan) tahun 2009, 2010, dan 2011 baik dari dalam maupun luar negeri, yang memiliki kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan tinggi dengan baik.
      B. PROGRAM STUDI

      FAKULTAS PROGRAM STUDI DAYA TAMPUNG 2011
      KELOMPOK IPA
      Kedokteran Pendidikan Dokter
      Pendidikan Bidan
      Kedokteran Gigi Pendidikan Dokter Gigi
      Farmasi Farmasi
      Kedokteran Hewan Kedokteran Hewan
      Sains dan Teknologi Matematika
      Sistem Informasi
      Fisika
      Biologi
      Teknobiomedik
      Ilmu dan Teknologi Lingkungan
      Kimia
      Kesehatan Masyarakat Kesehatan Masyarakat
      Fakultas Keperawatan Ilmu Keperawatan
      Fakultas Perikanan dan Kelautan Budidaya Perairan
      KELOMPOK IPS
      Hukum Ilmu Hukum
      Ekonomi dan Bisnis Manajemen
      Akuntansi
      Ekonomi Pembangunan
      Ekonomi Syariah
      Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Sosiologi
      Ilmu Politik
      Ilmu Komunikasi
      Ilmu Administrasi Negara
      Ilmu Hubungan Internasional
      Antropologi Sosial
      Ilmu Informasi & Perpustakaan
      Psikologi Psikologi
      Ilmu Budaya Sastra Inggris
      Sastra Indonesia
      Ilmu Sejarah
      Sastra Jepang

      C. PERSYARATAN
      PMDK-Umum dapat diikuti oleh
      • Warga Negara Indonesia, atau Warga Negara Asing yang mendapat izin belajar dari Kementerian Pendidikan Nasional.
      • Lulusan SLTA (SMA/SMU, MA, SMK, SLTA Luar Negeri, Ujian Persamaan) tahun 2009, 2010 dan 2011.
      • Tidak mempunyai cacat tubuh atau ketunaan yang dapat mengganggu kelancaran belajar di program studi yang dipilih.
      Program Studi berikut ini memiliki persyaratan tambahan, yaitu:
      • Ilmu Keperawatan:
        Tinggi badan minimal 160 cm bagi pria dan 155 cm bagi wanita.
      • Sastra Inggris:
        Tidak memiliki kelainan artikulator (alat ucap).
      • Pendidikan Bidan:
        Tinggi badan minimal 155 cm.
      D. PROSEDUR PENDAFTARAN
      TATA CARA PENDAFTARAN ONLINE
      1. Calon peserta mengambil nomor voucher melalui halaman web pmdk unair di http://pendaftaran.unair.ac.id/
      2. Lakukan transaksi pembayaran seleksi PMDK-Unair melalui bank Mandiri (ATM, teller, e-banking) sesuai jadwal yang telah ditentukan, dengan membawa nomor voucher.
      3. Biaya pendaftaran sebesar Rp300.000,- untuk satu Kelompok Ujian IPA atau IPS, dan Rp500.000,- untuk Kelompok Ujian IPC. Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali.
      4. Setelah berhasil melakukan transaksi pembayaran, Calon peserta akan memperoleh resi pembayaran. Resi pembayaran seleksi tersebut berisi:
        1. Nomor voucher.
        2. PIN PMDK.
        3. Kelompok pilihan (IPA, IPS, dan IPC).
        4. Waktu transaksi.
      5. Buka pendaftaran online PMDK Unair di alamat http://pendaftaran.unair.ac.id, akan terlihat halaman login.
      6. Masukkan Nomor Voucher dan PIN PMDK pada kotak yang tersedia, isikan huruf-huruf pada kotak yang tersedia dengan menggunakan HURUF KECIL, kemudian tekan tombol login. Setelah berhasil, maka akan tampak formulir pendaftaran elektronik.
      7. Calon peserta diminta mengisi formulir pendaftaran elektronik sesuai petunjuk yang tercantum di buku petunjuk pendaftaran.
      TATA CARA PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN ELEKTRONIK: I. DATA DIRI
      1. Tulis nama Anda pada kolom Nama yang tersedia.
      2. Pilih provinsi tempat lahir pada menu pilihan yang tersedia.
      3. Pilih kota tempat lahir pada menu pilihan yang tersedia.
      4. Isikan tanggal lahir Anda pada menu pilihan Tanggal Lahir yang tersedia.
      5. Pilih jenis kelamin Anda pada kolom menu pilihan Jenis Kelamin yang tersedia.
      6. Pilih agama Anda pada kolom menu pilihan Agama yang tersedia.
      7. Pilih kewarganegaraan Anda yang sesuai pada kolom menu pilihan Kewarganegaraan yang tersedia.
      8. Tulis nomor telepon seluler Anda pada kolom Kontak Personal yang tersedia (Kolom kontak personal dikosongkan apabila tidak memiliki nomor telepon seluler).
      II. DATA PENDIDIKAN
      1. Pilih provinsi tempat sekolah yang sesuai.
      2. Pilih kabupaten/kota tempat sekolah yang sesuai.
      3. Pilih asal sekolah yang sesuai.
      4. Pilih tahun lulus yang sesuai.
      5. Pilih status SLTA yang sesuai.
      6. Pilih jurusan SLTA Anda pada kolom menu pilihan Jurusan SLTA yang tersedia.
      7. Pilih sumber biaya pendidikan Anda yang sesuai pada kolom menu pilihan Sumber Biaya yang tersedia.
      8. Tulis alamat Anda pada kolom Alamat yang tersedia.
      III. DATA KELUARGA
      1. Tulis nama orang tua Anda pada kolom Nama Orang Tua yang tersedia.
      2. Pilih pendidikan Ayah Anda yang sesuai.
      3. Pilih pendidikan Ibu Anda yang sesuai.
      4. Pilih pekerjaan Ayah Anda yang sesuai.
      5. Pilih pekerjaan Ibu Anda yang sesuai.
      6. Pilih jumlah penghasilan Ayah/Ibu Anda yang sesuai.
      7. Tulis alamat orang tua Anda pada kolom Alamat Orang Tua yang tersedia.
      8. Tulis jumlah saudara Anda pada kolom Jumlah Saudara yang tersedia.
      IV. PROGRAM STUDI PILIHAN
      • Pilih program studi pilihan Anda.
      Contoh tampilan formulir pendaftaran elektronik KONFIRMASI ULANG ISIAN FORMULIR PENDAFTARAN ELEKTRONIK :
      1. Setelah pengisian formulir pendaftaran elektronik selesai, peserta diminta meneliti kembali isian tersebut pada halaman konfirmasi ulang.
      2. Peserta harus mencetak halaman konfirmasi ulang tersebut dengan menekan tombol cetak.
      3. Jika isian sudah benar semua, tekan tombol selesai.
      4. Pendaftaran online sudah selesai dan berhasil.
      Contoh tampilan halaman konfirmasi ulang VERIFIKASI DOKUMEN PENDAFTARAN Calon peserta diminta hadir di Gedung Serba Guna Universitas Airlangga (GSG Unair) sesuai jadwal yang telah ditentukan untuk melakukan verifikasi dokumen, antara lain membawa:
      1. Satu lembar fotokopi Ijasah/STTB/STK yang sudah dilegalisasi (dengan menunjukkan dokumen asli).
      2. Satu lembar fotokopi SKHUN yang sudah dilegalisasi (dengan menunjukkan dokumen asli).
      3. Kartu peserta Ujian Nasional tahun 2010 asli dan fotokopi.
      4. Resi pembayaran dari Bank Mandiri.
      5. Fotokopi cetakan/printout halaman konfirmasi ulang.
      Kemudian calon peserta akan memperoleh nomor peserta ujian. FOTO Setelah verifikasi dokumen dilaksanakan dan dinyatakan sesuai, dilanjutkan dengan foto. SIDIK JARI Setelah pengambilan foto peserta, dilanjutkan dengan proses pengambilan sidik jari. CETAK KARTU PESERTA
      1. Peserta membubuhkan tanda tangan pada kartu tanda peserta ujian di hadapan panitia.
      2. Panitia membubuhkan stempel pada kartu tanda peserta, sebelum menyerahkan kartu tersebut pada peserta.
      Alur Pembayaran dan Pendaftaran PMDK (Online)
      E. BIAYA PENDIDIKAN

      PROGRAM STUDI JENJANG SOP SP3
      KELOMPOK IPA
      Pendidikan Dokter S1 6.000.000 150.000.000
      Pendidikan Bidan S1 6.000.000 15.000.000
      Pendidikan Dokter Gigi S1 6.000.000 75.000.000
      Farmasi S1 5.000.000 25.000.000
      Kedokteran Hewan S1 3.500.000 15.000.000
      Matematika S1 3.500.000 10.000.000
      Sistem Informasi S1 3.500.000 12.500.000
      Fisika S1 3.500.000 10.000.000
      Biologi S1 3.500.000 10.000.000
      Teknobiomedik S1 3.500.000 12.500.000
      Ilmu dan Teknologi Lingkungan S1 3.500.000 12.500.000
      Kimia S1 3.500.000 10.000.000
      Kesehatan Masyarakat S1 5.000.000 12.500.000
      Ilmu Keperawatan S1 4.500.000 10.000.000
      Budidaya Perairan S1 2.500.000 10.000.000
      KELOMPOK IPS
      Ilmu Hukum S1 5.000.000 17.500.000
      Manajemen S1 3.500.000 17.500.000
      Akuntansi S1 3.500.000 17.500.000
      Ekonomi Pembangunan S1 3.500.000 15.000.000
      Ekonomi Syariah S1 3.500.000 15.000.000
      Sosiologi S1 3.000.000 7.500.000
      Ilmu Politik S1 3.000.000 7.500.000
      Ilmu Komunikasi S1 3.500.000 17.500.000
      Ilmu Administrasi Negara S1 3.000.000 7.500.000
      Ilmu Hubungan Internasional S1 3.500.000 17.500.000
      Antropologi Sosial S1 3.000.000 7.500.000
      Ilmu Informasi dan Perpustakaan S1 3.000.000 7.500.000
      Psikologi S1 5.000.000 17.500.000
      Sastra Inggris S1 3.000.000 11.000.000
      Sastra Indonesia S1 2.500.000 7.500.000
      Ilmu Sejarah S1 2.500.000 7.500.000
      Sastra Jepang S1 2.500.000 10.000.000

      Keterangan:
      SOP= Sumbangan Operasional Pendidikan
      (dibayar setiap semester)
      SP3= Sumbangan Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan
      (dibayar lunas pada saat daftar ulang/registrasi mahasiswa baru)

      F. JADWAL KEGIATAN

      PMDK-UMUM GELOMBANG I
      KEGIATAN WAKTU
      Pembayaran Biaya Ujian 13 Juni - 1 Juli 2011
      Verifikasi Dokumen Pendaftaran 30 Juni - 2 Juli 2011
      Pelaksanaan Ujian Tulis 3 Juli 2011
      Pengumuman Hasil Ujian Tulis 6 Juli 2011
      Registrasi Mahasiswa Baru 14 - 16 Juli 2011

      PMDK-UMUM GELOMBANG II
      KEGIATAN WAKTU
      Pembayaran Biaya Ujian 11 - 22 Juli 2011
      Verifikasi Dokumen Pendaftaran 18 - 23 Juli 2011
      Pelaksanaan Ujian Tulis 24 Juli 2011
      Pengumuman Hasil Ujian Tulis 27 Juli 2011
      Registrasi Mahasiswa Baru 28 - 30 Juli 2011

      INFO PMB PTN/PTS/KEDINASAN di INDONESIA

      INFO PTB AKADEMI & SEKOLAH TINGGI KEDINASAN

      Kumpulan Puisi Cinta

      Subscribe in a reader

      Berlangganan Artikel atau Informasi gratis Via Email

      Animasi Ikan Di Aquarium