statistik

Selasa, 01 Maret 2011

PMDK UMUM UNAIR 2011/2012

Sumber : http://www.pmdk.unair.ac.id/ds/main_umum
PMDK-UMUM
A. PENDAHULUAN
    PMDK-Umum diperuntukkan bagi lulusan SLTA (SMA, SMK, MA dan Ujian Persamaan) tahun 2009, 2010, dan 2011 baik dari dalam maupun luar negeri, yang memiliki kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan tinggi dengan baik.
B. PROGRAM STUDI

FAKULTAS PROGRAM STUDI DAYA TAMPUNG 2011
KELOMPOK IPA
Kedokteran Pendidikan Dokter
Pendidikan Bidan
Kedokteran Gigi Pendidikan Dokter Gigi
Farmasi Farmasi
Kedokteran Hewan Kedokteran Hewan
Sains dan Teknologi Matematika
Sistem Informasi
Fisika
Biologi
Teknobiomedik
Ilmu dan Teknologi Lingkungan
Kimia
Kesehatan Masyarakat Kesehatan Masyarakat
Fakultas Keperawatan Ilmu Keperawatan
Fakultas Perikanan dan Kelautan Budidaya Perairan
KELOMPOK IPS
Hukum Ilmu Hukum
Ekonomi dan Bisnis Manajemen
Akuntansi
Ekonomi Pembangunan
Ekonomi Syariah
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Sosiologi
Ilmu Politik
Ilmu Komunikasi
Ilmu Administrasi Negara
Ilmu Hubungan Internasional
Antropologi Sosial
Ilmu Informasi & Perpustakaan
Psikologi Psikologi
Ilmu Budaya Sastra Inggris
Sastra Indonesia
Ilmu Sejarah
Sastra Jepang

C. PERSYARATAN
PMDK-Umum dapat diikuti oleh
  • Warga Negara Indonesia, atau Warga Negara Asing yang mendapat izin belajar dari Kementerian Pendidikan Nasional.
  • Lulusan SLTA (SMA/SMU, MA, SMK, SLTA Luar Negeri, Ujian Persamaan) tahun 2009, 2010 dan 2011.
  • Tidak mempunyai cacat tubuh atau ketunaan yang dapat mengganggu kelancaran belajar di program studi yang dipilih.
Program Studi berikut ini memiliki persyaratan tambahan, yaitu:
  • Ilmu Keperawatan:
    Tinggi badan minimal 160 cm bagi pria dan 155 cm bagi wanita.
  • Sastra Inggris:
    Tidak memiliki kelainan artikulator (alat ucap).
  • Pendidikan Bidan:
    Tinggi badan minimal 155 cm.
D. PROSEDUR PENDAFTARAN
TATA CARA PENDAFTARAN ONLINE
  1. Calon peserta mengambil nomor voucher melalui halaman web pmdk unair di http://pendaftaran.unair.ac.id/
  2. Lakukan transaksi pembayaran seleksi PMDK-Unair melalui bank Mandiri (ATM, teller, e-banking) sesuai jadwal yang telah ditentukan, dengan membawa nomor voucher.
  3. Biaya pendaftaran sebesar Rp300.000,- untuk satu Kelompok Ujian IPA atau IPS, dan Rp500.000,- untuk Kelompok Ujian IPC. Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali.
  4. Setelah berhasil melakukan transaksi pembayaran, Calon peserta akan memperoleh resi pembayaran. Resi pembayaran seleksi tersebut berisi:
    1. Nomor voucher.
    2. PIN PMDK.
    3. Kelompok pilihan (IPA, IPS, dan IPC).
    4. Waktu transaksi.
  5. Buka pendaftaran online PMDK Unair di alamat http://pendaftaran.unair.ac.id, akan terlihat halaman login.
  6. Masukkan Nomor Voucher dan PIN PMDK pada kotak yang tersedia, isikan huruf-huruf pada kotak yang tersedia dengan menggunakan HURUF KECIL, kemudian tekan tombol login. Setelah berhasil, maka akan tampak formulir pendaftaran elektronik.
  7. Calon peserta diminta mengisi formulir pendaftaran elektronik sesuai petunjuk yang tercantum di buku petunjuk pendaftaran.
TATA CARA PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN ELEKTRONIK: I. DATA DIRI
  1. Tulis nama Anda pada kolom Nama yang tersedia.
  2. Pilih provinsi tempat lahir pada menu pilihan yang tersedia.
  3. Pilih kota tempat lahir pada menu pilihan yang tersedia.
  4. Isikan tanggal lahir Anda pada menu pilihan Tanggal Lahir yang tersedia.
  5. Pilih jenis kelamin Anda pada kolom menu pilihan Jenis Kelamin yang tersedia.
  6. Pilih agama Anda pada kolom menu pilihan Agama yang tersedia.
  7. Pilih kewarganegaraan Anda yang sesuai pada kolom menu pilihan Kewarganegaraan yang tersedia.
  8. Tulis nomor telepon seluler Anda pada kolom Kontak Personal yang tersedia (Kolom kontak personal dikosongkan apabila tidak memiliki nomor telepon seluler).
II. DATA PENDIDIKAN
  1. Pilih provinsi tempat sekolah yang sesuai.
  2. Pilih kabupaten/kota tempat sekolah yang sesuai.
  3. Pilih asal sekolah yang sesuai.
  4. Pilih tahun lulus yang sesuai.
  5. Pilih status SLTA yang sesuai.
  6. Pilih jurusan SLTA Anda pada kolom menu pilihan Jurusan SLTA yang tersedia.
  7. Pilih sumber biaya pendidikan Anda yang sesuai pada kolom menu pilihan Sumber Biaya yang tersedia.
  8. Tulis alamat Anda pada kolom Alamat yang tersedia.
III. DATA KELUARGA
  1. Tulis nama orang tua Anda pada kolom Nama Orang Tua yang tersedia.
  2. Pilih pendidikan Ayah Anda yang sesuai.
  3. Pilih pendidikan Ibu Anda yang sesuai.
  4. Pilih pekerjaan Ayah Anda yang sesuai.
  5. Pilih pekerjaan Ibu Anda yang sesuai.
  6. Pilih jumlah penghasilan Ayah/Ibu Anda yang sesuai.
  7. Tulis alamat orang tua Anda pada kolom Alamat Orang Tua yang tersedia.
  8. Tulis jumlah saudara Anda pada kolom Jumlah Saudara yang tersedia.
IV. PROGRAM STUDI PILIHAN
  • Pilih program studi pilihan Anda.
Contoh tampilan formulir pendaftaran elektronik KONFIRMASI ULANG ISIAN FORMULIR PENDAFTARAN ELEKTRONIK :
  1. Setelah pengisian formulir pendaftaran elektronik selesai, peserta diminta meneliti kembali isian tersebut pada halaman konfirmasi ulang.
  2. Peserta harus mencetak halaman konfirmasi ulang tersebut dengan menekan tombol cetak.
  3. Jika isian sudah benar semua, tekan tombol selesai.
  4. Pendaftaran online sudah selesai dan berhasil.
Contoh tampilan halaman konfirmasi ulang VERIFIKASI DOKUMEN PENDAFTARAN Calon peserta diminta hadir di Gedung Serba Guna Universitas Airlangga (GSG Unair) sesuai jadwal yang telah ditentukan untuk melakukan verifikasi dokumen, antara lain membawa:
  1. Satu lembar fotokopi Ijasah/STTB/STK yang sudah dilegalisasi (dengan menunjukkan dokumen asli).
  2. Satu lembar fotokopi SKHUN yang sudah dilegalisasi (dengan menunjukkan dokumen asli).
  3. Kartu peserta Ujian Nasional tahun 2010 asli dan fotokopi.
  4. Resi pembayaran dari Bank Mandiri.
  5. Fotokopi cetakan/printout halaman konfirmasi ulang.
Kemudian calon peserta akan memperoleh nomor peserta ujian. FOTO Setelah verifikasi dokumen dilaksanakan dan dinyatakan sesuai, dilanjutkan dengan foto. SIDIK JARI Setelah pengambilan foto peserta, dilanjutkan dengan proses pengambilan sidik jari. CETAK KARTU PESERTA
  1. Peserta membubuhkan tanda tangan pada kartu tanda peserta ujian di hadapan panitia.
  2. Panitia membubuhkan stempel pada kartu tanda peserta, sebelum menyerahkan kartu tersebut pada peserta.
Alur Pembayaran dan Pendaftaran PMDK (Online)
E. BIAYA PENDIDIKAN

PROGRAM STUDI JENJANG SOP SP3
KELOMPOK IPA
Pendidikan Dokter S1 6.000.000 150.000.000
Pendidikan Bidan S1 6.000.000 15.000.000
Pendidikan Dokter Gigi S1 6.000.000 75.000.000
Farmasi S1 5.000.000 25.000.000
Kedokteran Hewan S1 3.500.000 15.000.000
Matematika S1 3.500.000 10.000.000
Sistem Informasi S1 3.500.000 12.500.000
Fisika S1 3.500.000 10.000.000
Biologi S1 3.500.000 10.000.000
Teknobiomedik S1 3.500.000 12.500.000
Ilmu dan Teknologi Lingkungan S1 3.500.000 12.500.000
Kimia S1 3.500.000 10.000.000
Kesehatan Masyarakat S1 5.000.000 12.500.000
Ilmu Keperawatan S1 4.500.000 10.000.000
Budidaya Perairan S1 2.500.000 10.000.000
KELOMPOK IPS
Ilmu Hukum S1 5.000.000 17.500.000
Manajemen S1 3.500.000 17.500.000
Akuntansi S1 3.500.000 17.500.000
Ekonomi Pembangunan S1 3.500.000 15.000.000
Ekonomi Syariah S1 3.500.000 15.000.000
Sosiologi S1 3.000.000 7.500.000
Ilmu Politik S1 3.000.000 7.500.000
Ilmu Komunikasi S1 3.500.000 17.500.000
Ilmu Administrasi Negara S1 3.000.000 7.500.000
Ilmu Hubungan Internasional S1 3.500.000 17.500.000
Antropologi Sosial S1 3.000.000 7.500.000
Ilmu Informasi dan Perpustakaan S1 3.000.000 7.500.000
Psikologi S1 5.000.000 17.500.000
Sastra Inggris S1 3.000.000 11.000.000
Sastra Indonesia S1 2.500.000 7.500.000
Ilmu Sejarah S1 2.500.000 7.500.000
Sastra Jepang S1 2.500.000 10.000.000

Keterangan:
SOP= Sumbangan Operasional Pendidikan
(dibayar setiap semester)
SP3= Sumbangan Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan
(dibayar lunas pada saat daftar ulang/registrasi mahasiswa baru)

F. JADWAL KEGIATAN

PMDK-UMUM GELOMBANG I
KEGIATAN WAKTU
Pembayaran Biaya Ujian 13 Juni - 1 Juli 2011
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 30 Juni - 2 Juli 2011
Pelaksanaan Ujian Tulis 3 Juli 2011
Pengumuman Hasil Ujian Tulis 6 Juli 2011
Registrasi Mahasiswa Baru 14 - 16 Juli 2011

PMDK-UMUM GELOMBANG II
KEGIATAN WAKTU
Pembayaran Biaya Ujian 11 - 22 Juli 2011
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 18 - 23 Juli 2011
Pelaksanaan Ujian Tulis 24 Juli 2011
Pengumuman Hasil Ujian Tulis 27 Juli 2011
Registrasi Mahasiswa Baru 28 - 30 Juli 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFO PMB PTN/PTS/KEDINASAN di INDONESIA

INFO PTB AKADEMI & SEKOLAH TINGGI KEDINASAN

Kumpulan Puisi Cinta

Subscribe in a reader

Berlangganan Artikel atau Informasi gratis Via Email

Animasi Ikan Di Aquarium