statistik

Senin, 28 Februari 2011

SPMB UNS 2011

Sumber : www.spmb.uns.ac.id

Universitas Sebelas Maret (UNS Solo) berdiri pada tanggal 11 Maret 1976. Dalam usianya yang masih relatif muda yaitu 33 tahun, UNS Solo dalam beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang demikian pesat, baik dalam kancah percaturan perguruan tinggi di Indonesia maupun dalam penilaian standar perguruan tinggi secara internasional (versi Webometric dan THES). Dengan didukung oleh 1600 dosen tetap (diantaranya 1125 bergelar S2 dan 179 doktor) yang tersebar di 9 fakultas dan 1 program pascasarjana (S2 dan S3), UNS Solo tampil sebagai perguruan tinggi papan atas di Indonesia yang makin diminati masyarakat.
Orientasi UNS Solo menuju World Class University merupakan bagian dari target yang telah ditetapkan Depdiknas dan merupakan dorongan penting bagi UNS sendiri untuk melaksanakannya secara cepat bagi seluruh stakeholder UNS. Diawali dari penilaian Dirjen Dikti pada tahun 2008 yang menempatkan UNS menjadi 50 Promising Indonesian Universities. UNS kemudian aktif mendaftarkan diri dalam penilaian secara internasional sehingga pada bulan Januari 2009 UNS masuk ke dalam peringkat 2159 perguruan tinggi dunia versi Webometric. Atau menjadi ranking ke 7 dari seluruh PTN ternama yang ada di Indonesia. Belum lama ini, yaitu pada bulan Mei 2009 UNS Solo berhasil masuk dalam kategori 200 perguruan tinggi terbaik di Asia versi Time Higher Education Suplement (THES).

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru

Sementara itu pada sisi kegiatan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) tahun 2009 menunjukkan kualitas intake mahasiswa yang masuk ke UNS Solo menempati peringkat 6 di kelompok IPA dan peringkat 4 di kelompok IPS. Sedangkan dari segi jumlah peminat yang memilih UNS Solo ternyata menempati peringkat 2 (dua) dari seluruh perguruan tinggi negeri peserta SNMPTN pada waktu itu. Kondisi ini memberikan gambaran bahwa rasio keketatan masuk UNS Solo menjadi sangat tinggi.
UNS Solo senantiasa membuka kesempatan bagi seluruh lapisan masyarakat luas untuk mengenyam pendidikan tinggi yang bermutu. Ada beberapa jalur masuk di UNS Solo untuk program S-1 yaitu Jalur PMDK yang berdasarkan Prestasi Akademik, Porseni, dan Prestasi Khusus yang merupakan pilihan masuk UNS Solo tanpa ujian tulis tetapi berdasarkan pada prestasi semasa di SLTA. Jalur masuk melalui SNMPTN merupakan jalur masuk yang secara nasional dilakukan oleh hampir semua PTN secara bersamaan waktunya. Di samping itu UNS Solo juga membuka jalur SPMB Swadana yang seleksi masuknya berdasarkan hasil dari nilai SNMPTN sehingga bagi calon mahasiswa yang hendak masuk lewat jalur Swadana mesti juga mengikuti seleksi SNMPTN. Sedangkan Jalur SPMB Transfer S-1 diperuntukkan bagi mahasiswa yang telah selesai menempuh pendidikan Diploma 3 dan hendak melanjutkan strata S-1.
Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap para mahasiswa yang breprestasi tetapi kurang mampu maka UNS Solo memberikan beasiswa kepada mahasiswa lebih dari 4.000 mahasiswa per tahun. Saat ini telah tersalur dana sektiar 8 Milyar rupiah yang bersumber dari dana UNS Solo dan kerjasama dengan lebih dari 25 institusi pemberi beasiswa baik dari kalangan swasta maupun pemerintah.
Dalam kerangka internasionalisasi UNS Solo yang seiring dengan visi Departemen Pendidikan Nasional maka telah dibuka program SPMB WNA yang ditujukkan kepada calon mahasiwa dari negara lain. Hingga saat ini telah terdaftar 76 mahasiswa asing dari berbagai negara di Asia Pasifik, Afrika, dan Eropa Timur maupun Malaysia yang menempuh pendidikan di UNS Solo, baik untuk jenjang sarjana maupun pascasarjana.

Layanan Pendidikan Bertaraf Internasional

Universitas Sebelas Maret (UNS Solo) yang memiliki 9 Fakultas dengan 52 program Studi (Prodi) S1 dan 24 Program Diploma, serta 37 Program S2, S3, dan Pendidikan Dokter Spesialis berkomitmen untuk melakukan proses pembelajaran yang mengedepankan prinsip-prinsip kualitas (quality is the first).
Fasilitas dan layanan prima yang didukung dengan tersedianya teknologi informasi di segala bidang diupayakan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa, dosen dan seluruh civitas academika dalam mengembangkan dirinya sejalan dengan upaya mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi secara optimal yaitu dalam bidang Pendidikan, Penelitan dan Pengabdian kepada Masyarakat. Seperti tersedianya e-library (digital library), siakad on line, teleconference, fasilitas hot spot di hampir seluruh wilayah kampus secara free maupun proses pembelajaran dengan sarana multimedia serta fasilitas penunjang IT lainnya.
Dalam kerangka internasionalisasi pendidikan tinggi UNS Solo didukung pula dengan adanya Language Center yang memfokuskan diri pada peningkatan kemampuan bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya bagi mahasiswa dan dosen maupun pihak luar yang membutuhkan. Dilengkapi dengan fasilitas language learning mutakhir dan lengkap. Di samping itu terdapat Laboratorium di berbagai prodi maupun Laboratorium Pusat yang melayani para dosen dan mahasiswa dalam pengembangan riset secara terpadu dan teruji mutu serta kehandalannya melalui sertifikasi ISO.
Berbagai fasilitas penunjang dalam pengembangan minat dan bakat mahasiswa dapat ditampung dalam berbagai kegiatan UKM (unit kegiatan mahasiswa) yang berhasil mengukir prestasi di tingkat nasional dan internasional. Selain itu terdapat Gedung Student Center yang merupakan wadah kegiatan mahasiswa yang terpadu baik dalam bidang olahraga maupun kesenian. Secara khusus UNS Solo barangkali menjadi universitas yang unik karena sejak awal telah menyediakan fasilitas ibadah yang representattif di dalam kampus bagi 5 (lima) pemeluk agama yang ada di Indonesia. Untuk menjaga kesehatan para civitas akademikapun juga telah disediakan Medical Centre yang memadai.

National and International Networking

UNS Solo terus membangun jejaring dengan mitra kerja baik di tingkat nasional maupun internasional. Hingga saat ini, UNS Solo telah menandatangani kesepakatan kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah, BUMN maupun perusahaan swasta lainnya, seperti Depkominfo, PT Telkom Indonesia, Mahkamah Konstitusi, PT Indomobil Niaga Internasional, PT Krakatau Steel, dan PT Exelcomindo Pratama dll. Kerjasama tersebut memungkinkan lulusan UNS Solo diterima bekerja di berbagai instansi dan perusahaan ternama lainnya. Seiring dengan itu baik ditingkat universitas maupun di masing-masing fakultas telah dibentuk CDC (Carrier Development Center) untuk mempersiapkan para lulusan agar lebih siap dalam memasuki dunia kerja yang lebih bermutu dan diharapkan masa tunggu lulusan terserap dalam dunia kerja makin pendek.
Jejaring dengan berbagai universitas bergengsi di luar negeri terus dikembangkan. Kerjasama dalam pertukaran mahasiswa dan dosen serta joint research dilakukan antara lain dengan berbagai perguruan tinggi di Amerika, Jepang, China, Australia, Inggris, Perancis dan lain sebagainya. Kerjasama internasional tersebut menjadi salah satu bukti pengakuan secara internasional.
Prestasi demi prestasi yang terus diraih menjadikan UNS Solo senantiasa mengembangkan spirit ‘be number one’ dalam berbagai karya intelektualnya dan terus membangun mind set baru yang peka terhadap perubahan. Upaya-upaya tersebut dapat direfleksikan dalam upaya membangun identitas corporasi (corporate identity ) dan reputasi institusi (image building) yang bercirikan sebagai perguruan tinggi berskala internasional. UNS Solo siap menyongsong era perubahan perguruan tinggi menuju perguruan tinggi yang unggul dan berklas internasional.

JALUR SPMB KEGIATAN JADWAL
PMDK
(Program Diploma) 
Pendaftaran/Pembayaran  21 Desember 2010 - 21 Januari 2011 
Penyerahan Dokumen  21 Desember 2010 - 21 Januari 2011 
Ujian Khusus/Ketrampilan  5 Pebruari 2011 (Khusus PMDK Porseni) 
Pengumuman  26 Pebruari 2011 
Registrasi (Bagi yang lulus seleksi) 
  1. Registrasi I (On-Line): 1 - 9 Maret 2011
    (Pembayaran Biaya Pendidikan)
  2. Registrasi II (On-Desk): 31 Mei dan 1 Juni 2011
    (Pemeriksaan dokumen & tes kesehatan)
SNMPTN
(Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
Jalur Undangan 
Pendaftaran/Pembayaran  1 Februari - 12 Maret 2011 
Pengumuman  18 Mei 2011 
Registrasi (Bagi yang lulus seleksi) 
  1. Online : 23 - 27 Mei 2011
    (Pembayaran SPP,BPI & Lain2 via Bank)
  2. Ondesk : 31 Mei dan 1 Juni 2011
    (Pemeriksaan dokumen)
SNMPTN
(Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
Jalur Ujian Tulis 
Pendaftaran/Pembayaran  2 - 24 Mei 2011 
Ujian Tulis  31 Mei dan 1 Juni 2011 
Ujian Khusus/Ketrampilan  3 - 4 Juni 2011 
Pengumuman  30 Juni 2011 
Registrasi (Bagi yang lulus seleksi) 
  1. Online : 4 - 8 Juli 2011
    (Pembayaran SPP,BPI & Lain2 via Bank)
  2. Ondesk : 11 - 12 Juli 2011
    (Pemeriksaan dokumen & tes kesehatan)
SPMB Swadana  Pendaftaran/Pembayaran  30 Juni - 14 Juli 2011 
Pengumuman  23 Juli 2011 
Registrasi (Bagi yang lulus seleksi) 
  1. Online : 25 - 27 Juli 2011
    (Pembayaran SPP,BPI & Lain2 via Bank)
  2. Ondesk : 28 - 29 Juli 2011
    (Pemeriksaan dokumen & tes kesehatan)
SPMB Transfer S-1 Kependidikan  Pendaftaran/Pembayaran  1 Agustus - 19 Agustus 2011 
Ujian Tulis  23 Agustus 2011 
Pengumuman  27 Agustus 2011 
Registrasi (Bagi yang lulus seleksi) 
  1. Online : 5 - 7 September 2011
    (Pembayaran SPP,BPI & Lain2 via Bank)
  2. Ondesk : 8 - 9 September 2011
    (Pemeriksaan dokumen & tes kesehatan)
SPMB Transfer S-1 Non Kependidikan  Pendaftaran/Pembayaran  19 Agustus - 9 September 2011 
Ujian Tulis  14 September 2011 
Ujian Khusus/Ketrampilan  15 September 2011 
Pengumuman  23 September 2011 
Registrasi (Bagi yang lulus seleksi)  Online : 26 - 28 September 2011
(Pembayaran Biaya Matrikulasi via Bank)

DIPLOMA 3 & 4
(Jalur Ujian Tulis) 
Pendaftaran/Pembayaran  Gel 1: 10 - 31 Mei 2011
Gel 2: 21 Juni - 13 Juli 2011 
Ujian Tulis  Gel 1: 7 Juni 2011
Gel 2: 19 Juli 2011 
Ujian Khusus/Ketrampilan  Gel 1: 8 - 9 Juni 2011
Gel 2: 20 - 21 Juli 2011 
Pengumuman  Gel 1: 17 Juni 2011
Gel 2: 29 Juli 2011 
Registrasi (Bagi yang lulus seleksi)  Gel 1:
  1. Online : 20 - 24 Juni 2011
    (Pembayaran SPP,BPI & Lain2 via bank)
  2. Ondesk : 27 - 30 Juni 2011
    (Pemeriksaan dokumen & tes kesehatan)
Gel 2:
  1. Online : 1 - 5 Agustus 2011
    (Pembayaran SPP,BPI & Lain2 via bank)
  2. Ondesk : 5 - 8 Agustus 2011
    (Pemeriksaan dokumen & tes kesehatan)
Pascasarjana  Pendaftaran/Pembayaran 
  1. Periode Januari: 15 Desember 2010 - 15 Januari 2011
  2. Periode April: 15 Maret - 15 April 2011
  3. Periode Mei: 2 Mei - 25 Mei 2011
  4. Periode Juli: 15 Juni - 15 Juli 2011
  5. Periode Nopember: 16 September - 16 Nopember 2011
Penyerahan Dokumen 
  1. Periode Januari: 15 Desember 2010 - 15 Januari 2011
  2. Periode April: 15 Maret - 15 April 2011
  3. Periode Mei: 2 Mei - 25 Mei 2011
  4. Periode Juli: 15 Juni - 15 Juli 2011
  5. Periode Nopember: 16 September - 16 Nopember 2011
Ujian Tulis 
  1. Periode Januari: 22 Januari 2011 (di Auditorium UNS)
  2. Periode April: 30 April 2011 (di Auditorium UNS)
  3. Periode Mei: 21 Mei 2011 (di PPs UNS/Auditorium UNS)
  4. Periode Juli: 23 Juli 2011 (di Auditorium UNS)
  5. Periode Nopember: 19 Nopember 2011 (di PPs UNS/Auditorium UNS)
Ujian Khusus/Ketrampilan 
  1. Periode Januari: dilakukan di masing-masing prodi
  2. Periode April: dilakukan di masing-masing prodi
  3. Periode Mei: dilakukan di masing-masing prodi
  4. Periode Juli: dilakukan di masing-masing prodi
  5. Periode Nopember: dilakukan di masing-masing prodi
Pengumuman 
  1. Periode Januari: 11 Pebruari 2011
  2. Periode April: 10 Mei 2011
  3. Periode Mei: 10 Juni 2011
  4. Periode Juli: 12 Agustus 2011
  5. Periode Nopember: 8 Desember 2011
Registrasi (Bagi yang lulus seleksi)  Online dan Ondesk:
  1. Periode Januari: 21-25 Pebruari 2011
  2. Periode April: 16-20 Mei 2011
  3. Periode Mei: 20-24 Juni 2011
  4. Periode Juli: 22-26 Agustus 2011
  5. Periode Nopember: 2-7 Januari 2012
Revisi Terakhir: 04 Maret 2010 10:18 WIB

PROGRAM STUDI S-1 UNS

KELOMPOK IPA KELOMPOK IPS
I. FAKULTAS KEDOKTERAN I. FAKULTAS EKONOMI
1. Pendidikan Dokter 1. Ekonomi Pembangunan
2. Psikologi 2. Manajemen
3. Akuntansi
II. FAKULTAS TEKNIK
1. Teknik Sipil II. FAKULTAS HUKUM
2. Arsitektur 1. Ilmu Hukum
3. Teknik Industri
4. Teknik Mesin III. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
5. Teknik Kimia 1. Ilmu Administrasi Negara
6. Perencanaan Wilayah dan Kota 2. Ilmu Komunikasi
3. Sosiologi
III. FAKULTAS MIPA
1. Matematika IV. FAKULTAS SASTRA & SENI RUPA
2. Fisika 1. Ilmu Sejarah
3. Kimia 2. Sastra Indonesia
4. Biologi 3. Sastra Inggris
5. Teknik Informatika 4. Sastra Daerah untuk Sastra Jawa
5. Kriya Seni (Desain Tekstil)
IV. FAKULTAS PERTANIAN 6. Seni Rupa Murni (Seni Lukis, Grafis, Patung, Keramik)
1. Agroteknologi/Agroekoteknologi 7. Desain Interior
2. Agribisnis 8. Desain Komunikasi Visual
3. Peternakan 9. Sastra Arab
4. Ilmu dan Teknologi Pangan V. FAK. KEGURUAN & ILMU PENDIDIKAN
1. Pendidikan Sejarah
V. FAK. KEGURUAN & ILMU PENDIDIKAN 2. Pendidikan Geografi
1. Pendidikan Fisika* 3. Pend. Pancasila & Kewarganegaraan (PPKn)
2. Pendidikan Kimia* 4. Pend. Luar Biasa (Pendidikan Khusus)
3. Pendidikan Biologi* 5. Pend. Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
4. Pendidikan Matematika* 6. Pendidikan Kepelatihan Olahraga
5. Pendidikan Teknik Mesin 7. Pendidikan Ekonomi
6. Pendidikan Teknik Bangunan 8. Pend. Bhs, Sastra Indonesia & Daerah
9. Pendidikan Bahasa Inggris *
10. Pendidikan Seni Rupa
11. Pendidikan Sosiologi Antropologi
12. Pend. Guru Sekolah Dasar (PGSD)
13. Bimbingan Konseling
14. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD)
15. Pendidikan Bahasa Jawa

keterangan :
*) Program Studi ini dibuka minat pendidikan Guru Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) melalui Jalur SPMB Swadana  

PROGRAM STUDI DIPLOMA UNS

KELOMPOK IPA

KELOMPOK IPS
I.
I.

1. D-3 Hiperkes & Keselamatan Kerja

1. D-3 Akuntansi

2. D-3 Kebidanan (dari SMA)

2. D-3 Perpajakan

3. D-4 Kebidanan (dari D-3 Kebidanan)

3. D-3 Manajemen Pemasaran

4. D-4 Kesehatan Kerja

4. D-3 Manajemen Industri (Bisnis)



5. D-3 Bisnis Internasional-Manajemen Perdagangan
II.

6. D-3 Keuangan & Perbankan

1. D-3 Teknik Kimia



2. D-3 Teknik Sipil
II.

a.     Minat Teknik Sipil Gedung

1. D-3 Komunikasi Terapan

b.     Minat Teknik Sipil Transportasi

a.     Minat Utama Periklanan

c.     Minat Tek.Sipil Infrastruktur Perkotaan

b.     Minat Utama Penyiaran

3. D-3 Teknik Mesin

c.     Minat Utama Hubungan Masyarakat

a.     Minat Teknik Mesin Produksi

2. D-3 Manajemen Administrasi

b.     Minat Teknik Mesin Otomotif

3. D-3 Perpustakaan




III.
III.

1. D-3 Teknik Informatika

1. D-3 Disain Komunikasi Visual

2. D-3 Farmasi

2. D-3 Usaha Perjalanan Wisata



3. D-3 Bahasa Inggris
IV.

4. D-3 Bahasa China

1. D-3 Teknologi Hasil Pertanian



2. D-3 Agribisnis



a.     Agribisnis Minat Holtikultura



b.     Agribisnis Minat Peternakan



c.     Agribisnis Minat Agrofarmaka


BIAYA PENDIDIKAN
1) S-1 (Sarjana)            : download
2) S-1 (Sarjana FKIP)  : download
3) D-3 (Diploma)          : download


2 komentar:

  1. terima kasih buat infonya, sangat membantu. salam kenal dan sukses selalu.

    BalasHapus
  2. untuk sdr bayu : thx buat comment dan kunjungannya.salam persaudaraan.

    BalasHapus

INFO PMB PTN/PTS/KEDINASAN di INDONESIA

INFO PTB AKADEMI & SEKOLAH TINGGI KEDINASAN

Kumpulan Puisi Cinta

Subscribe in a reader

Berlangganan Artikel atau Informasi gratis Via Email

Animasi Ikan Di Aquarium