statistik

Selasa, 01 Maret 2011

PMDK-ALIH JENIS UNAIR SURABAYA 2011/2012

Sumber : http://www.pmdk.unair.ac.id/ds/main_alih-jenis
PMDK-ALIH JENIS
A. PENDAHULUAN
    PMDK-Alih Jenis diperuntukkan bagi lulusan Program Diploma 3 (D3) ataupun Sarjana (S1) tertentu sesuai program studi yang ditawarkan.
B. PROGRAM STUDI, DAYA TAMPUNG

FAKULTAS PROGRAM STUDI DAYA TAMPUNG 2011
KELOMPOK IPA
Kedokteran Pendidikan Bidan
Kesehatan Masyarakat -Kesehatan Masyarakat
-Kesehatan Lingkungan
-Epidemiologi Lapangan
-Gizi Kesehatan Masyarakat
-Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
-Keselamatan dan Kesehatan Kerja
-Promosi Kesehatan
-Sistem Informasi & Statistika Kesehatan
Keperawatan Ilmu Keperawatan
Perikanan dan Kelautan Budidaya Perairan
KELOMPOK IPS
Ekonomi dan Bisnis Manajemen
Ekonomi dan Bisnis Akuntansi
Ilmu Sosial & Ilmu Politik Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Ilmu Budaya Sastra Inggris

C. PERSYARATAN
     PMDK-Alih Jenis hanya dapat diikuti oleh lulusan Program Diploma ataupun Sarjana (S1). Namun sebagian besar Program Studi yang ditawarkan jalur ini memiliki beberapa syarat khusus, yaitu:
  • S1 Ilmu Keperawatan
    Hanya menerima lulusan D3 Keperawatan dan D4 Perawat Pendidik.
  • S1 Pendidikan Bidan
    • Memiliki ijazah D3 Kebidanan yang terakreditasi
    • Berbadan sehat dengan Surat Keterangan Dokter pemerintah
    • Melampirkan Surat Ijin Bidan (SIB)
    • Surat ijin belajar dari atasan (bagi yang masih aktif bekerja)
    • Usia maksimal 40 tahun.
  • S1 Akuntansi:
    Hanya menerima lulusan D3 Akuntansi dan D3 Perpajakan, atau S1 bidang ekonomi.
  • S1 Kesehatan Masyarakat:
    Lulusan D3 Akademi Bidang Kesehatan (Akademi Kesehatan Lingkungan, Akademi Gizi, Hiperkes, Penilik Kesehatan, Akademi Perawat dan Kebidanan, Akademi: Refraksionis/Optisian, Radiologi, Teknik Kesehatan Gigi, Fisioterapi dan Analis Medis).
  • S1 Sastra Inggris:
    • Tidak memiliki kelainan artikulator (alat ucap).
    • Lulusan D3 Bahasa Inggris
D. PROSEDUR PENDAFTARAN
TATA CARA PENDAFTARAN ONLINE
  1. Calon peserta mengambil nomor voucher melalui halaman web pmdk unair di http://pendaftaran.unair.ac.id/
  2. Lakukan transaksi pembayaran seleksi PMDK-Unair melalui bank Mandiri (ATM, teller, e-banking) sesuai jadwal dengan membawa nomor voucher.
  3. Biaya pendaftaran sebesar Rp300.000,- untuk Kelompok Ujian IPA atau IPS. Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali.
  4. Setelah berhasil melakukan transaksi pembayaran, Calon peserta akan memperoleh resi pembayaran. Resi pembayaran seleksi tersebut berisi:
    1. Nomor voucher.
    2. PIN PMDK.
    3. Kelompok pilihan (IPA dan IPS).
    4. Waktu transaksi.
  5. Buka pendaftaran online PMDK Unair di alamat http://pendaftaran.unair.ac.id, akan terlihat halaman login.
  6. Masukkan Nomor Voucher dan PIN PMDK pada kotak yang tersedia, isikan huruf-huruf pada kotak yang tersedia dengan menggunakan HURUF KECIL, kemudian tekan tombol login. Setelah berhasil, maka akan tampak formulir pendaftaran elektronik.
  7. Calon peserta diminta mengisi formulir pendaftaran elektronik sesuai petunjuk yang tercantum di buku petunjuk pendaftaran.

TATA CARA PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN ELEKTRONIK:
I. DATA DIRI
  1. Tulis nama Anda pada kolom Nama yang tersedia.
  2. Pilih provinsi tempat lahir pada menu pilihan yang tersedia.
  3. Pilih kota tempat lahir pada menu pilihan yang tersedia.
  4. Isikan tanggal lahir Anda pada menu pilihan Tanggal Lahir yang tersedia.
  5. Pilih jenis kelamin Anda pada kolom menu pilihan Jenis Kelamin yang tersedia.
  6. Pilih agama Anda pada kolom menu pilihan Agama yang tersedia.
  7. Pilih kewarganegaraan Anda yang sesuai pada kolom menu pilihan Kewarganegaraan yang tersedia.
  8. Tulis nomor telepon seluler Anda pada kolom Kontak Personal yang tersedia (Kolom kontak personal dikosongkan apabila tidak memiliki nomor telepon seluler).
II. DATA PENDIDIKAN
  1. Pilih provinsi tempat sekolah/perguruan tinggi yang sesuai.
  2. Pilih kabupaten/kota tempat sekolah/perguruan tinggiyang sesuai.
  3. Pilih asal sekolah/perguruan tinggi yang sesuai.
  4. Pilih tahun lulus yang sesuai.
  5. Pilih status perguruan tinggi yang sesuai.
  6. Pilih jurusan pada perguruan tinggi Anda pada kolom menu pilihan Jurusan SLTA/perguruan tinggi yang tersedia.
  7. Pilih sumber biaya pendidikan Anda yang sesuai pada kolom menu pilihan Sumber Biaya yang tersedia.
  8. Tulis alamat Anda pada kolom Alamat yang tersedia.
III. DATA KELUARGA
  1. Tulis nama orang tua Anda pada kolom Nama Orang Tua yang tersedia.
  2. Pilih pendidikan Ayah Anda yang sesuai.
  3. Pilih pendidikan Ibu Anda yang sesuai.
  4. Pilih pekerjaan Ayah Anda yang sesuai.
  5. Pilih pekerjaan Ibu Anda yang sesuai.
  6. Pilih jumlah penghasilan Ayah/Ibu Anda yang sesuai.
  7. Tulis alamat orang tua Anda pada kolom Alamat Orang Tua yang tersedia.
  8. Tulis jumlah saudara Anda pada kolom Jumlah Saudara yang tersedia.
IV. PROGRAM STUDI PILIHAN
  • Pilih program studi pilihan Anda.
Contoh tampilan formulir pendaftaran elektronik


KONFIRMASI ULANG ISIAN FORMULIR PENDAFTARAN ELEKTRONIK :
  1. Setelah pengisian formulir pendaftaran elektronik selesai, peserta diminta meneliti kembali isian tersebut pada halaman konfirmasi ulang.
  2. Peserta harus mencetak halaman konfirmasi ulang tersebut dengan menekan tombol cetak.
  3. Jika isian sudah benar semua, tekan tombol selesai.
  4. Pendaftaran online sudah selesai dan berhasil.
Contoh tampilan halaman konfirmasi ulang



VERIFIKASI DOKUMEN PENDAFTARAN
Calon peserta diminta hadir di Gedung Serba Guna Universitas Airlangga (GSG Unair) antara tanggal 2 sampai 7 Agustus 2010 untuk melakukan verifikasi dokumen, antara lain membawa:
  1. Satu lembar fotokopi Ijasah dan Transkrip D3 atau S1 yang sudah dilegalisasi (dengan menunjukkan dokumen asli).
  2. Dua lembar pasfoto berwarna terbaru ukuran 4 x 6 cm (wajah harus kelihatan).
  3. Resi pembayaran dari Bank Mandiri.
  4. Fotokopi cetakan/printout halaman konfirmasi ulang.
Kemudian calon peserta akan memperoleh nomor peserta ujian.
FOTO
Setelah verifikasi dokumen dilaksanakan dan dinyatakan sesuai, dilanjutkan dengan foto.
SIDIK JARI
Setelah pengambilan foto peserta, dilanjutkan dengan proses pengambilan sidik jari.
CETAK KARTU PESERTA
  1. Peserta membubuhkan tanda tangan pada kartu tanda peserta ujian di hadapan panitia.
  2. Panitia membubuhkan stempel pada kartu tanda peserta, sebelum menyerahkan kartu tersebut pada peserta.
Alur Pembayaran dan Pendaftaran PMDK (Online)


E. BIAYA PENDIDIKAN

PROGRAM STUDI SOP SP3
KELOMPOK IPA
Pendidikan Bidan 6.000.000 15.000.000
-Kesehatan Masyarakat
-Kesehatan Lingkungan
-Epidemiologi Lapangan
-Gizi Kesehatan Masyarakat
-Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
-Keselamatan dan Kesehatan Kerja
-Promosi Kesehatan
-Sistem Informasi & Statistika Kesehatan
5.000.000 7.500.000
Ilmu Keperawatan 4.500.000 10.000.000
Budidaya Perairan 2.500.000 5.000.000
KELOMPOK IPS
Manajemen 3.500.000 10.000.000
Akuntansi 3.500.000 10.000.000
Ilmu Perpustakaan 3.000.000 4.000.000
Sastra Inggris 3.000.000 8.000.000

F. JADWAL KEGIATAN

PMDK-ALIH JENIS
KEGIATAN WAKTU
Pembayaran Biaya Ujian 28 Juli - 5 Agustus 2011
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 1 - 6 Agustus 2011
Pelaksanaan Ujian Tulis 7 Agustus 2011
Pengumuman Hasil Ujian Tulis 10 Agustus 2011
Registrasi Mahasiswa Baru 11 - 13 Agustus 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFO PMB PTN/PTS/KEDINASAN di INDONESIA

INFO PTB AKADEMI & SEKOLAH TINGGI KEDINASAN

Kumpulan Puisi Cinta

Subscribe in a reader

Berlangganan Artikel atau Informasi gratis Via Email

Animasi Ikan Di Aquarium