statistik

Selasa, 01 Maret 2011

PMB ITB BANDUNG 2011/2012

Sumber : http://www.itb.ac.id/usm-itb/

Institut Teknologi Bandung


Sesuai dengan keputusan Pimpinan ITB, ITB melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana secara nasional bersama dengan seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia, melalui sistem Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Informasi mengenai pelaksanaan SNMPTN 2011 dapat diperoleh di situs http://www.snmptn.ac.id/.
Bagi peminat program Beasiswa (Beasiswa OSN, BIUS, BIDIK MISI, Beasiswa Biaya Pendidikan, Beasiswa Ekonomi Lemah, dll.), dipersilakan untuk mengikuti SNMPTN 2011 - Jalur Undangan, dan melakukan pendaftaran ke Panitia Pusat SNMTPN 2011 melalui masing-masing SLTA asal calon mahasiswa. Calon mahasiswa tidak diperkenankan mendaftarkan diri secara langsung ke Perguruan Tinggi tujuan.
Mulai tahun 2011, program Kemitraan Nusantara ITB (KN-ITB) diintegrasikan ke dalam program SNMPTN 2011. Lembaga-lembaga Mitra ITB yang telah mengirimkan Letter of Intent program KN-ITB 2011, dapat mengikuti program SNMPTN 2011 - Jalur Undangan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada pelaksanaan SNMPTN 2011 - Jalur Undangan.
Berkenaan dengan hal tersebut, seluruh informasi mengenai sistem Penerimaan Mahasiswa Baru ITB tahun 2011 yang pernah terbit sebelum hari Senin, tanggal 10 Januari 2011, termasuk informasi tentang pelaksanaan PMBP-ITB 2011, KN-ITB 2011, dan program Beasiswa (Beasiswa OSN, BIUS, BIDIK MISI, Beasiswa Biaya Pendidikan, Beasiswa Ekonomi Lemah, dll.), dinyatakan tidak berlaku dan dapat diabaikan.

PILIHAN PROGRAM STUDI DI ITB
Sehubungan dengan telah terbitnya SK Rektor ITB no. 071/SK/K01/PP/2006, tertanggal 17 Maret 2006, tentang Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru ITB, maka secara resmi, setiap mahasiswa baru diterima menjadi mahasiswa fakultas/sekolah terlebih dahulu, sebelum akhirnya memilih salah satu program studi serumpun dalam fakultas/sekolah yang sama, pada awal tahun kedua.
Penempatan mahasiswa di salah satu program studi serumpun di fakultas/sekolah di ITB, dilakukan oleh ITB sebelum masa perkuliahan tahun kedua dilaksanakan, berdasarkan minat mahasiswa, kapasitas program studi yang bersangkutan, serta tergantung pada prestasi mahasiswa di tahun pertama perkuliahan, bila kapasitas program studi yang bersangkutan lebih kecil daripada jumlah mahasiswa yang memilih program studi tersebut. Kemungkinan bahwa seorang mahasiswa akhirnya dijuruskan pada program studi bukan pilihan utamanya dapat saja terjadi. Namun demikian karena pengelompokan program studi dalam suatu fakultas/sekolah didasarkan atas ekserumpunan dan kontekstualitas keilmuannya yang sama, maka perbedaan antara program studi yang satu dengan program studi yang lain dalam fakultas yang sama, tidak signifikan. ITB menyarankan agar calon mahasiswa mempelajari sistem penerimaan mahasiswa baru ini terlebih dahulu dan dapat membandingkannya dengan sistem yang diberlakukan di perguruan tinggi lainnya.
Mulai tahun 2011, ITB menawarkan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) serta Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) melalui program Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) dapat dipilih melalui jalur ujian IPS, sedangkan fakultas/sekolah lainnya dapat dipilih melalui jalur ujian IPA. Khusus bagi para peserta SNMPTN yang memilih FSRD, diharuskan untuk mengikuti ujian keterampilan.
Sebagai informasi tambahan, pada kurikulum 2008, ITB mulai memperkenalkan mata kuliah Mayor dan mata kuliah Minor. Dengan demikian, mahasiswa dari suatu program studi dapat mengambil mata kuliah di program studi lainnya, dalam jumlah terbatas. Pendidikan di ITB lebih diarahkan pada pendidikan kesarjanaan yang memberikan penguasaan ilmu yang komprehensif disertai wawasan yang luas dibandingkan ke arah vokasional yang terfokus pada aplikasi suatu bidang keahlian saja.
Berikut ini adalah tabel pilihan program studi, fakultas, dan sekolah yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa ITB.
KODE PILIHAN
FAKULTAS DAN PROGRAM STUDI
160
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), untuk peminat program studi :
161
Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), untuk peminat program studi :
162
Sekolah Farmasi (SF), untuk peminat program studi :
163
Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), untuk peminat program studi :
164 Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), untuk peminat program studi :
167
Fakultas Teknologi Industri (FTI), untuk peminat program studi :
169
Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), untuk peminat program studi :
165
Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), untuk peminat program studi :
166
Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), untuk peminat program studi :
199
Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), untuk peminat program studi :
168
Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), untuk peminat program studi :
190
Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM), untuk peminat program studi :
Catatan :
  • Pada pelaksanaan SNMPTN, Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)  dapat dipilih melalui kelompok ujian  IPS. Sedangkan fakultas/sekolah lainnya dapat dipilih melalui kelompok ujian IPA.
  • Khusus peminat FSRD ITB di SNMPTN - Jalur Ujian Tulis, peserta SNMPTN yang bersangkutan diharuskan untuk mengikuti ujian keterampilan, selain dari ujian tertulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFO PMB PTN/PTS/KEDINASAN di INDONESIA

INFO PTB AKADEMI & SEKOLAH TINGGI KEDINASAN

Kumpulan Puisi Cinta

Subscribe in a reader

Berlangganan Artikel atau Informasi gratis Via Email

Animasi Ikan Di Aquarium