statistik

Selasa, 20 Desember 2011

"Napak Tilas Ke Obyek Wisata Erupsi Merapi 2010
(Desa Kinahrejo : Desanya Alm.Mbah Maridjan)

Pasca musibah letusan Gunung Merapi yang begitu dahsyat pada akhir tahun 2010 beberapa anak saya dan 4 teman saya pada tanggal 18 Desember 2010 melakukan napak tilas di Dusun Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Sleman, D.I.Yogyakarta (Desanya Alm. Mbah Maridjan).
Kinahrejo, dulu adalah sebuah dusun yang terkenal subur dan indah panorama alamnya. Disini pula terdapat sesepuh atau abdi dalem keraton yang diberi mandat menjadi penjaga/kuncen Gunung Merapi. Beliau sangat dihormati para warganya. Nama beliau makin terkenal setelah menjadi bintang iklan disalah satu produk minuman berenergi di Indonesia, Keteguhan hati beliau menjaga amanat dari keraton membuat banyak orang kagum. Sederhana dalam bersikap adalah ciri beliau.

Namun semua itu kini tinggal kenangan saja, karena Selasa (26/10/2010) petang, Dusun Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Sleman, DI Yogyakarta, luluh lantak tersapu awan panas Gunung Merapi. Tak satu pun bangunan tegak berdiri tanpa kerusakan. Alam yang dulunya hijau berubah menjadi kelabu hanya dalam hitungan menit. Banyak korban yang meninggal dunia akibat bencana itu, termasuk salah satunya Mbah Maridjan.

Meskipun kini beliau (Mbah Maridjan) telah tiada namun kearifan dan keteguhan hati beliau masih tetap akan dikenang sepanjang masa. Beliau telah memberikan suri tauladan yang baik bagi kita semua, termasuk bagi diri saya pribadi.



Berdasarkan hal tersebut diatas saya dan teman - teman melakukan kegiatan napak tilas di Dusun Kinahrejo yang sekarang menjadi objek wisata besejarah dengan tujuan melihat lebih dekat keadaan dusun yang bersejarah ini bagi warga masyarakat yogyakarta. Kami sangat miris dan sedih ketika sudah sampai ditujuan dan melihat banyak rumah roboh dan pohon - pohon bertumbangan tertutup abu pekat merapi. Dusun ini kelihatan tandus dan seperti dusun mati. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFO PMB PTN/PTS/KEDINASAN di INDONESIA

INFO PTB AKADEMI & SEKOLAH TINGGI KEDINASAN

Kumpulan Puisi Cinta

Subscribe in a reader

Berlangganan Artikel atau Informasi gratis Via Email

Animasi Ikan Di Aquarium