statistik

Jumat, 23 Desember 2011

KONSERVASI SUMBER DAYA AIR TANGGUNG JAWAB SETIAP MANUSIA (TERMASUK PARA BLOGGER) 


Air adalah peradaban dan tanpa air kehidupan akan musnah. Pengelolaan sumber daya air semakin hari semakin dihadapkan ke berbagai permasalahan. Permasalahan umum dalam pengelolaan sumber daya air pada dasarnya terdiri atas 3 aspek yaitu pencemaran air, terlalu banyak air dan kekurangan air. Peningkatan kebutuhan akan air telah menimbulkan eksploitasi sumber daya air secara berlebihan sehingga mengakibatkan penurunan daya dukung lingkungan sumber daya air yang pada gilirannya menurunkan kemampuan pasokan air. Gejala degradasi fungsi lingkungan sumber daya air ditandai dengan fluktuasi debit air di musim hujan dan kemarau yang semakin tajam, pencemaran air, berkurangnya kapasitas waduk dan lainnya.
Salah satu jalan mengatasi kelangkaan air adalah dengan meningkatkan aktivitas konservasi sumber daya air. Konservasi sumber daya air menurut Undang – Undang Sumber Daya Air adalah upaya memelihara keberadaan serta keberlanjutan keadaan, sifat, dan fungsi sumber daya air agar senantiasa tersedia dalam kuantitas dan kualitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup, baik pada waktu sekarang maupun yang akan datang. Meliputi perlindungan dan pelestarian Sumber Daya Air (SDA), pengawetan air, pengelolaan kualitas air, dan pengendalian pencemaran air


Pengelolaan sumber daya air perlu diarahkan secara holistik, untuk mewujudkan sinergi dan keterpaduan yang harmonis antar wilayah, antar sektor, dan antar generasi. Semua pihak terkait perlu dilibatkan dalam setiap tahap pengambilan keputusan dalam pengelolaan sumber daya air dari tahap perencanaan sampai dengan operasi dan pemeliharaan. Kesimpulannya konservasi sumber daya air merupakan tanggung jawab setiap manusia, termasuk dalam hal ini salah satunya adalah para blogger.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFO PMB PTN/PTS/KEDINASAN di INDONESIA

INFO PTB AKADEMI & SEKOLAH TINGGI KEDINASAN

Kumpulan Puisi Cinta

Subscribe in a reader

Berlangganan Artikel atau Informasi gratis Via Email

Animasi Ikan Di Aquarium