statistik

Rabu, 28 Desember 2011

" TEKA TEKI AMBRUKNYA JEMBATAN KUTAI KARTANEGARA "

Sumber Gambar : 
http://setiawantkj.blogspot.com/2011/11/berita-duka-jembatan-kutai-kartanegara.html

Jembatan Kutai Kartanegara adalah jembatan yang melintas di atas sungai Mahakam dan merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Pada tanggal 26 November 2011 pukul 16.20 waktu setempat, Jembatan Kutai Kartanegara ambruk dan roboh. Berita ini saya peroleh setelah melihat berita di salah satu stasiun televisi di Indonesia. Penyebab ambruknya jembatan gantung terpanjang di Indonesia itu masih simpang siur dan menjadi teka teki dikalangan masyarakat dan juga bagi aparatur pemerintahan. Selain diduga akibat adanya human error saat pemeliharaan jembatan, penyebab ambruknya jembatan juga diduga akibat seringkalinya kapal tongkang pengangkut batu bara menabrak jembatan tersebut.
Investigasi yang teliti dan cermat dari para pihak yang berwenang diperlukan guna mengungkap teka teki ambruknya jembatan Kutai Kartanegara ini. Tindakan yang tegas wajib dilakukan pemerintah terhadap para pihak - pihak yang nantinya terbukti bersalah atau menyalahi prosedur dalam pembuatan atau pemeliharaan jembatan ini. Karena peristiwa ini telah merenggut banyak korban jiwa maupun korban luka - luka, baik luka ringan maupun luka parah. Selain banyaknya korban jiwa, pemerintah daerah setempat juga mengalami kerugian secara materi yang cukup besar. Hal ini menyebabkan mandeknya roda ekonomi bagi beberapa perusahaan batubara yang selama ini memanfaatkan alur Sungai Mahakam.
Musibah ini harus menjadi pelajaran buat kita semua, khususnya penyelenggara jalan agar benar-benar menjalankan tugas dan fungsinya agar tidak lagi terjadi musibah serupa. Selain itu pihak yang berwenang untuk melakukan pemeliharaan dan perawatan jalan juga harus lebih teliti dalam melakukan perawatan. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat dan para pengguna jalan nyaman dalam berkendara.

1 komentar:

INFO PMB PTN/PTS/KEDINASAN di INDONESIA

INFO PTB AKADEMI & SEKOLAH TINGGI KEDINASAN

Kumpulan Puisi Cinta

Subscribe in a reader

Berlangganan Artikel atau Informasi gratis Via Email

Animasi Ikan Di Aquarium