statistik

Selasa, 22 Maret 2011


Sistem Pembayaran Pajak Online : “Salah Satu Solusi Persempit Ruang Gerak Mafia Pajak”

Pada masa modern seperti saat ini, masih banyak penggunaan sistem yang tidak menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Salah satu contohnya adalah sistem pembayaran pajak yang ada di seluruh wilayah Indonesia Sistem pembayaran pajak yang masih memakai sistem langsung ke kas daerah, menyebabkan peluang terjadinya penyimpangan atau penyelewengan prosedur yang dilakukan oleh oknum Wajib Pajak (WP) dan pegawai pajak.
Kasus penyelewangan dan mafia perpajakan merebak di Indonesia setelah seorang aparat pajak disinyalir menjadi pemilik sebuah rekening dalam jumlah yang cukup besar. Terbongkarnya kasus tersebut memicu terungkapnya berbagai skandal perpajakan lainnya. Kasus – kasus ini sudah seperti mata rantai dan membentuk jejaring sehingga dapat disamakan dengan mafia. Mafia yaitu sebuah organisasi kejahatan yang terstruktur dan rapi serta memiliki sistem sendiri diluar sistem hukum kenegaraan walaupun terlihat sangat rahasia dan tidak dapat di pindai secara orang-perorang.
Salah satu objek yang dapat dimanfaatkan oleh mafia ini adalah administrasi pelaporan perpajakan. Saat ini sistem pembayaran pajak sebagian besar masih bersifat langsung atau bisa juga dikatakan diluar jaringan (off-line). Diluar jaringan (off-line) maksudnya wajib pajak masih harus melaporkan dengan mengisi formulir baik dengan kertas maupun digital (e-filing) dalam format tertentu. Selain itu wajib lapor tersebut ditambah dengan jadwal pelaporan baik bulanan maupun tahunan. Prosedur semacam ini sudah agak ketinggalan jaman manakala di perbandingkan dengan prosedur transaksi dalam jaringan (online).
Melalui sistem administrasi dalam jaringan (online) ini berbagai bentuk pelaporan pajak menjadi murah dan mudah, melalui satu pintu dan menekan penggunaan kertas sebagai dokumen. Disisi lain akan semakin mempersempit ruang gerak permainan antara Wajib Pajak (WP) dan aparat Pajak, maupun mereka yang tergabung dalam mafia perpajakan, karena akses untuk dokumen menjadi semakin rumit, dikarenakan sistem pengamanan komputer yang memang diciptakan secara khusus.
Oleh karena itu sistem pembayaran pajak di Indonesia perlu dievaluasi dan diperbaharui secara menyeluruh. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan media dalam jaringan (online) sebagai sistem pembayaran atau pelaporan pajak. Karena jika tidak praktek mafia perpajakan akan semakin subur dinegeri yang kita cintai ini.
 Pahatan Hati : Rahmadi Aldilah

2 komentar:

  1. sya sTuju dngan sistem pmbyaran pjak Trsebut...tp prlu sosialisasi yg mksimal Trutma di daerah pdalaman.
    Smoga pRpjakan INdonesia smakin bsih dri Mafia yg tdak Brtnggung Jwab.,,,

    BalasHapus
  2. Ok tanks buat comment dan masukkanny saudari yuli. Moga semua aparatur pajak kita semakin bijak dalam mengemban tanggung jawab dan menjalankan amanat rakyat untuk mengelola uang pajak

    BalasHapus

INFO PMB PTN/PTS/KEDINASAN di INDONESIA

INFO PTB AKADEMI & SEKOLAH TINGGI KEDINASAN

Kumpulan Puisi Cinta

Subscribe in a reader

Berlangganan Artikel atau Informasi gratis Via Email

Animasi Ikan Di Aquarium